Indonesia-Iran Dorong Peningkatan Perdagangan Kedua Negara | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Kemlu

Indonesia-Iran Dorong Peningkatan Perdagangan Kedua Negara

Ceknricek.com -- Nilai perdagangan Indonesia dengan Iran tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa negara lain di Asia Tenggara. Hal itu menyeruak dalam pertemuan Indonesian Trade Promotion Forum yang diselenggarakan Iran Trade Promotion Organization (ITPO) di International Permanent Fairground, Tehran, Iran.

Laman kemlu.go.id, Kamis (2/1) melaporkan, pertemuan yang dihadiri Dubes RI untuk Iran, Octavino Alimudin itu berlangsung pada 31 Desember 2019. Dalam kesempatan tersebut Dubes Octavino menyampaikan paparan mengenai perkembangan hubungan dagang kedua negara, dan nilai perdagangan antara Indonesia dan Iran.

Foto: Kemlu

Menurut Dubes Octavino, selama Januari-September 2019 nilai dagang kedua negara mencapai US$106,4 juta. Indonesia surplus senilai US$85,6 juta. Sementara impor Iran ke Indonesia mencapai US$18.9 juta.

Lebih lanjut Dubes memaparkan sejumlah komoditi prospektif dari Iran antara lain LPG, kurma, pistachio, obat obatan, alat kesehatan, dan baja.  Sementara itu komoditi prospektif dari Indonesia diantaranya  kopi, teh, tekstil, garmen, obat obatan dan kertas. Indonesia adalah pasar yang besar dengan 260 juta penduduk dan hub bagi negara di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga: Menkeu Harap Pasar Modal Bisa Terlibat dalam Program Prioritas Pemerintah

Sejumlah tantangan yang ada dalam kerjasama perdagangan RI-Iran adalah masalah sistem pembayaran, transportasi, risiko bisnis dan kebijakan pembatasan impor untuk produk yang telah dapat diproduksi di Iran.

Ke depan beberapa upaya yang perlu dilakukan adalah penyelesaian negosiasi PTA, penyelesaian masalah sistem pembayaran dan transportasi serta meningkatkan promosi dan fasilitasi produk ekspor kedua negara. Dalam presentasi tersebut, Dubes RI juga menyampaikan  sejumlah produk Indonesia yang beredar di pasar Iran seperti kopi, kopi instan, sabun, biskuit, cairan pembersih lantai, palm oil, kertas, permen, dan pengharum ruangan.

Indonesian Trade Promotion Forum dibuka oleh Mr. Seyed Aghazadeh, DG of Asia Oceania, ITPO dan hadir sebagai pembicara Mr. Tahernejad dari KADIN Iran (ICCIMA), serta Mr Kamrani, mantan Atase Perdagangan Iran di Kedubes Iran di Jakarta.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait