Indonesia-Swedia Membahas Kemungkinan Penanggulangan Isu Terorisme di DK PBB | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Kemenlu

Indonesia-Swedia Membahas Kemungkinan Penanggulangan Isu Terorisme di DK PBB

Ceknricek.com -- Indonesia dan Swedia membahas kemungkinan kolaborasi penanggulangan isu terorisme di Dewan Keamanan PBB, Agustus 2020 mendatang. Rencana tersebut menyeruak dalam pertemuan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Sekretaris Negara Urusan Luar Negeri untuk PM Swedia, Karin Wallensteen, di sela-sela Konferensi Tingkat Menteri ke-14 Asia-Europe Meeting (ASEM) bertempat di Madrid, Spanyol, Senin (16/12).

Pada kesempatan itu, kedua menlu juga membahas mengenai peran perempuan dalam penciptaan perdamaian dunia. Langkah Menlu Retno dalam mempromosikan peran perempuan dalam perdamaian dan keamanan dunia, bahkan mendapat apresiasi pemerintah Swedia.

“Indonesia baru saja mengadakan dialog dengan para perempuan Afghanistan baik dari pedesaan dan perkotaan untuk meningkatkan kapasitas mereka, dan ini akan terus dilanjutkan," kata Menlu Retno seperti dikutip Iaman kemlu.go.id, Selasa (17/12).

Penekanan yang berbeda dalam pelatihan perempuan dari pedesaan dan perkotaan dari Afghanistan sangat disambut baik oleh Swedia. Kedua negara sepakat untuk terus tingkatkan kerjasama dalam meningkatkan peran perempuan dalam perdamaian dan keamanan, termasuk kemungkinan kolaborasi jaringan mediator perempuan antar kedua kawasan.

Baca Juga: Indonesia-UEA Jajaki Sinergi Pengembangan Edukasi Digital di Madrasah

Indonesia dan Swedia juga setuju untuk memanfaatkan momentum perayaan 70 tahun hubungan bilateral RI-Swedia pada tahun 2020 untuk meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang. Kedua negara mendiskusikan kemungkinan kunjungan Perdana Menteri Swedia ke Indonesia untuk memanfaatkan momentum baik tersebut.

Swedia merupakan salah satu mitra terbesar Indonesia di Eropa dan di kawasan Nordik. Peningkatan arus wisatawan dan kehadiran puluhan perusahaan Swedia di Indonesia telah berkontribusi dalam proses alih teknologi dan penciptaan lapangan kerja bagi ribuan tenaga terampil Indonesia.

Indonesia dan Swedia menjalin kerja sama multilateral yang erat, dengan komitmen kedua negara untuk saling mendukung di berbagai organisasi internasional, dan berkolaborasi dalam berbagai isu global, diantaranya non-proliferasi nuklir dan women, peace, and security.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait