Indonesia Triathlon Series 2020 Resmi Dibuka | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Tempo

Indonesia Triathlon Series 2020 Resmi Dibuka

Ceknricek.com -- Diikuti atlet dari berbagai negara, Indonesia Triathlon Series (ITS) 2020 dibuka dengan Palembang Triathlon di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (22/2). Kejuaraan ini turut diramaikan sejumlah atlet nasional, seperti Jauhari Johan dan Netha Vani Octaria, peraih medali emas dan perunggu di SEA Games 2019, Inge Prasetyo, Muhamad Ahlul Firman dan juga anggota DPR yang juga pegiat triathlon, Muhammad Farhan.

Selain Palembang, 5 triathlon ITS lainnya yang digelar tahun ini, yakni Jakarta City Triathlon (Juni), Bandung City Triathlon (Agustus), Belitung Triathlon (September), Mandalika Triathlon (Oktober) dan Pariaman Triathlon (November). ITS adalah konsep menantang olahraga gabungan, salah satunya menggunakan sistem poin (point system) buat para peserta.

Antara melaporkan, pada hari pertama, olahraga yang memperlombakan renang, balap sepeda dan lari ini mempertandingkan kategori Elite (atlet nasional), Military (anggota TNI & Polri) dan Youth (14-16 tahun). 

Indonesia Triathlon Series 2020 Resmi Dibuka
Sumber: Detik.com

Peserta kategori Elite dan Military masing-masing akan berenang 1.500 m, bersepeda 40 km dan berlari 10 km. Sementara kategori Youth berenang 300 m, bersepeda 10 km dan berlari 3 km.

Untuk kategori Elite Putri diikuti Netha Vani Octaria (peraih medali perunggu SEA Games Filipina 2019), Inge Prasetyo, Varra Dinda dan Ashita Aulia Azzahra. 

Baca juga: Indonesia Triathlon Series Diharapkan Bantu Dorong Industri Pariwisata Olahraga

Sementara pada hari kedua, Minggu (23/2), Palembang Triathlon mempertandingkan kategori Age Group, yakni kelompok umur: 17-23, 24-29, 30-34, 35-39, 40-44, 45-49, 50-54, 55-59 dan 60 tahun ke atas.

Peserta kategori Age Grup ini terdiri dari jarak Sprint Distance (renang 750 m, sepeda 20 km dan lari 5 km) atau Standard Distance (renang 1.500 m, sepeda 40 km dan lari 10 km). Kedua jarak ini bisa dilakukan secara individual atau bersama teman-teman (relay).

Indonesia Triathlon Series 2020 Resmi Dibuka
Sumber: Antara

Sedikitnya 300 peserta dari berbagai kategori akan bertanding di Palembang Triathlon 2020. 

Para peserta akan berenang di Danau Jakabaring, bersepeda melintasi Jembatan Ampera (khusus hari kedua) dan berlari mengitari Jakabaring.

Panglima Kodam II Mayjen TNI Irwan mengatakan institusinya sangat mengapresiasi gelaran olahraga ini karena untuk kali pertama mempertandingkan kategori Military untuk kalangan TNI dan Polri.

“Kami sangat senang sekali, karena anggota kami mendapatkan kesempatan untuk unjuk kemampuan. Memang keseharian mereka dituntut bugar dengan stamina fisik yang prima, olahraga ini ada semua, mulai dari renang, sepeda dan lari,” kata Mayjen Irwan.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait