Rombongan Presiden saat peninjauan ruas tol Trans Jawa. Foto: Setpres

Jokowi Resmikan dan Gratiskan 7 Ruas Tol Trans Jawa

Ceknricek.com - Beberapa hari menjelang masa libur Natal dan Tahun Baru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 4 ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur pada Kamis (20/12). Ruas tersebut berpusat di KM 671 di perbatasan ruas Ngawi – Wilangan dan ruas Kertosono – Mojokerto sebelum Simpang Susun Bandar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Jokowi berasama sejumlah pejabat meresmikan 4 jalan tol yakni Ngawi-Kertosono segmen Wilangan-Kertosono sepanjang 37,9 km, jalan tol Jombang-Mojokerto seksi Bandar-Kertosono dengan panjang 0,9 km. Kemudian jalan tol Gempol-Pasuruan seksi Pasuruan-Gratis sejauh 13,65 km dan jalan tol Surabaya-Gempol seksi Relokasi Gempol-Porong dengan panjang 6,3 km.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa dengan dibukanya jalan tol di Jawa Timur dan Jawa Tengah nantinya, maka Jakarta-Surabaya sudah terhubung dan dapat dilalui kendaraan.

Ia menyampaikan bahwa setelah pembangunan tol Jakarta-Surabaya sepanjang 760 KM tersebut selesai, diharapkan masyarakat mendapatkan berbagai manfaat.

Kita ingin infrastruktur ini memiliki manfaat, lebih memudahkan, lebih murah, lebih cepat, dan masyarakat memiliki alternatif. Silakan mau pakai jalan tol, silakan mau pakai jalan yang lama antar provinsi,” ungkapnya.

Jalan tol yang menghubungkan dua kota terbesar di Indonesia ini juga diharapkan akan menarik perhatian pihak investor dan meningkatkan perekomonian. Terutama untuk kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus di sepanjang jalur tol yang telah terhubung.

Ini memang arahnya ke sana dan kalau ada investasi artinya akan membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya. Sehingga integrasi antara jalan tol ini dengan kawasan ekonomi khusus, dengan kawasan industri sangat penting sekali, menjadi sangat efisien sekali, produk-produk akan sangat efisien” ujarnya.

Jokowi bersama rombongan, termasuk Ibu Negara Iriana melakukan uji coba jalan tol sejauh 370 KM dari Surabaya menuju Jembatan Kalikuto, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Rombongan meninjau jalan tol tersebut menggunakan Bus Damri.

Jokowi menandatangani prasasti peresmian untuk setiap jalan tol yang diresmikan. Dalam peninjauan tersebut, presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kemudian Menteri BUMN Rini Soemarno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Kepala daerah yang turut serta yakni Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Bupati Jombang Mundjidah Wahab.


Tol Gratis Libur Natal dan Tahun Baru

Menteri PUPR Basuki dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa ada 7 ruas tol yang baru diresmikan dapat dipergunakan secara gratis tanpa dipungut biaya.

Kami usulkan kepada Bapak Presiden bahwa tarif ketujuh ruas tol yang diresmikan kiranya dapat digratiskan hingga berakhir libur Natal dan Tahun Baru 2019,” ujar Basuki, di Kalikuto, Jawa Tengah.

Ia menyampaikan agar masyarakat dapat mencoba dan menggunakan ruas tol yang telah dibangun tersebut.

Semoga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang melaksanakan libur Natal dan Tahun Baru 2019 sesuai tugas yang diberikan oleh Bapak Presiden pada kami,” lanjutnya.

Berikut daftar 7 ruas tol yang bertarif Rp 0 mulai 21 Desember 2018 hingga Tahun Baru 2019:

Di Jawa Tengah terdapat 3 tol yakni Tol Semarang-Solo Segmen Salatiga-Kartasura (32 km), Tol Pemalang-Batang (33,8 km), dan Tol Batang-Semarang (75 km).

Untuk wilayah Jawa Timur 4 tol yang digratiskan yakni Tol Jombang Mojokerto seksi Bandar-Kertosono (0,9 km) dan Tol Surabaya-Gempol seksi Porong-Kejapanan (6 km). Selanjutnya Tol Pasuran Probolinggo (13,65 km) dan Tol Wilangan (Nganjuk)-Kertosono (37,9 km).