Jungkook BTS, Soyeon, dan Vernon Bergabung sebagai Anggota Tetap KOMCA | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Jungkook BTS, Soyeon, dan Vernon Bergabung sebagai Anggota Tetap KOMCA

Ceknricek.com -- Bikin bangga, tiga anggota idola grup K-pop generasi tiga berhasil toreh prestasi baru.

Jungkook BTS, Soyeon (G)I-DLE, Vernon SEVENTEEN dipromosikan sebagai anggota tetap Korea Music Copyright Association (KOMCA).

Melalui laman resminya pada tanggal 31 Januari 2024, badan hukum Korean Music Copyright Association telah mengumumkan daftar 30 orang anggota tetap.

Jungkook, Soyeon, dan Vernon menjadi beberapa dari banyaknya penulis lagu yang berhasil masuk dalam daftar anggota tetap KOMCA tahun 2024.

Hingga Januari 2024, telah terdaftar lebih dari 51.000 penulis lirik dan komposer yang bergabung dalam organisasi yang mengelola hak cipta ini.

Setiap tahunnya, KOMCA akan mempromosikan 30 orang yang terdiri dari 27 orang dalam kategori musik umum dan 3 orang dalam kategori musik non-komersial seperti, musik tradisional, musik murni, musik keagamaan, dan lagu anak-anak.

Jungkook, Soyeon, dan Vernon telah memenuhi syarat untuk bergabung sebagai anggota tetap KOMCA.

Bagi mereka yang ingin diakui oleh KOMCA, harus memenuhi beberapa syarat di antaranya telah debut selama lebih dari 3 tahun, memiliki royalti hak cipta lebih dari 30 juta won (sekitar 354 juta rupiah), dan telah disetujui oleh dewan direksi.

Pelantun lagu ‘Seven’, Jeon Jungkook, berhasil menyusul 3 anggota BTS lainnya sebagai anggota tetap KOMCA. Sebelumnya ada Suga, RM, dan J-Hope yang telah tergabung lebih dahulu.

Kemudian leader girl group (G)I-DLE, Soyeon, yang menjadi satu-satunya grup idola perempuan yang terdaftar dalam KOMCA, sebelumnya ada IU dan BoA sebagai penyanyi solo.

Vernon menjadi anggota SEVENTEEN kedua yang tergabung dalam KOMCA, setelah Woozi. Pemilik nama asli Chwe Hansol ini memiliki 88 lagu yang dikreditkan atas namanya.

Bergabungnya Jungkook BTS, Soyeon (G)I-DLE, dan Vernon SEVENTEEN tentu membuat bangga setiap penggemarnya.

Pasalnya daftar anggota tetap KOMCA hanya diumumkan setiap awal tahun dan hanya 30 nama saja yang terdaftar. Oleh sebab itu, mereka yang masuk dalam daftar KOMCA mendapat pengakuan sebagai penulis lagu dan komposer terkemuka.

Jungkook BTS, Soyeon (G)I-DLE, dan Vernon SEVENTEEN telah membuktikan bahwa ketiganya adalah musisi ternama yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya.

Selamat kepada Jungkook BTS, Soyeon (G)I-DLE, dan Vernon SEVENTEEN!


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait