Kadin dan APPMI Rintis Kerja Sama dengan Akademi Koefia di Roma | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Ashar Ceknricek.com

Kadin dan APPMI Rintis Kerja Sama dengan Akademi Koefia di Roma

Ceknricek.com—Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) bidang Pemberdayaan Perempuan bekerjasama dengan Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) menggalang kerjasama dengan Koefia International Academy of Fashion Roma untuk meningkatkan kualitas industri kulit di Garut. Kerjasama ini didukung penuh oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Italia,Esti Andayani.

Selain itu, Kadin dan APPMI juga menunjuk Mr. Alessio Specolizzi sebagai Duta Promosi Produk Indonesia. Hal ini untuk mendorong makin diminatinya sektor usaha kecil menengah Indonesia bagi kaum muda di Italia. Dalam kesempatan itu, Kadin dan APPMI juga mengajak pemerintah daerah dan pusat serta stakeholder yang lain seperti Kementerian UMKM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Parekraf untuk dapat bersama sama berkolaborasi guna mewujudkan industri kulit di Garut menjadi satu satunya pusat industri kulit di Asia Tenggara.

Menurut desainer Poppy Dharsono point pertama dari kerjasama yang disepakati pada Sabtu (20/11/21) tersebut adalah kolaborasi LaSalle College Jakarta dan Koefia International Academy of Fashion Rome, yang dapat menjawab kebutuhan pendidikan guna mempersiapkan generasi muda yang dapat menghasilkan produk kreatif yang berkualitas dan berkiprah di dunia mode Internasional di masa depan.

Poppy Dharsono   Foto: Ashar CR

“Melihat kualitas tinggi dari kerajinan dan industri kulit dari Italia, bekerja sama dengan La Sapienza, kami juga menjajaki kemungkinan untuk membuka jurusan baru di LaSalle College Jakarta yaitu divisi kerajinan dan industri kulit. Kulit Indonesia sudah memiliki kualitas yang cukup baik, namun diperlukan panduan yang tepat agar dapat mencapai standar internasional,”kata Poppy.

Kedua, kerjasama dengan Confindustria melalui Mr. Jacopo Cappuccio, Konsul Kehormatan Indonesia untuk Tuscany, Italia. Kemitraan ini sangat diharapkan  dapat membantu  untuk memperkuat persahabatan, kolaborasi ekonomi dan pertukaran budaya dengan mendukung usaha kecil menengah Indonesia dari Industri Kreatif memamerkan produk mereka ke pasar Italia.

“Italia adalah negara yang sangat menginspirasi saya sejak usia muda dan saya sangat senang bisa berada di sini lagi, setelah sekian lama pembatasan akibat pandemi. Terlebih lagi dalam situasi ini, kita bersama mampu menciptakan kemitraan yang membuat saya sangat bersemangat. Besar harapan saya agar rintisan kegiatan pada hari ini dapat bertumbuh dan membawa kemajuan yang lebih luas untuk kemajuan pemberdayaan perempuan dan industri kreatif Indonesia, hubungan bilateral Indonesia Italia yang semakin baik serta memberi angin perubahan positif bagi dunia bisnis,”pungkas Poppy.

Sebagaimana diketahui, kualitas kulit dari Garut sudah terkenal di mancanegara sejak lama. Namun terkait dengan trend mode dan teknologi pengolahan serta finishing produk, masih sangat perlu belajar kepada Negara yang telah memiliki reputasi kualitas produk yang sangat mumpuni sejak lama, yaitu Italia.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait