Kemeriahan Acara Natal Masyarakat Indonesia di Palmerston Norh | Cek&Ricek
Sumber: Istimewa

Kemeriahan Acara Natal Masyarakat Indonesia di Palmerston Norh

Ceknricek.com--Tahun ini (2020) untuk pertama kalinya Dubes RI Tantowi Yahya dan Ibu Dewi Yahya menyelenggarakan Open House Natal tidak di Wisma Duta atau KBRI. Open House Natal dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2020 di kota Palmerston North, 180 km dari Wellington. Acara berlangsung sangat meriah dihadiri lebih dari 400 warga Indonesia dan diaspora berasal tidak hanya dari Palmerston North juga dari kota-kota sekitar seperti Wellington, Whanganui, Paraparaumu, Hasting, Napier bahkan dari Auckland. Turut hadir pula anggota parlemen daerah Palmerston North dari Partai Buruh yang baru terpilih, Tangi Utikere.

Tradisi pelaksanaan open house di Wisma Duta maupun KBRI diubah dengan salah satu bentuk terobosan upaya KBRI Wellington mendatangi, lebih mendekatkan diri dan bersilaturahmi dengan masyarakat Indonesia di berbagai kota di Selandia Baru.

Foto: Istimewa

Pemilihan kota Palmerston North antara lain didasarkan pada pertimbangan konsentrasi masyarakat Indonesia terbesar selain Wellington dan Auckland terutama para mahasiswa asal Papua dan posisi tempatnya memudahkan masyarakat Indonesia dari kota lain untuk datang bersilahturahmi. Selain itu situasi pandemi COVID-19 yang membaik memungkinkan terlaksananya acara open house ini.

Dalam sambutannya Dubes RI untuk Selandia Baru, Samoa, Kerajaan Tonga, Cook Island, dan Niue dan Dubes RI Keliling untuk Kawasan Pasifik, Tantowi Yahya antara lain menyampaikan bahwa Pemerintah tidak selalu didatangi dan dikunjungi tetapi mendatangi dan mengunjungi warganya maupun diaspora dan friends of Indonesia, oleh karenanya pelaksanaan serupa juga akan dilakukan di kota-kota lainnya seperti di Auckland.

Foto: Istimewa

Indonesia sebagai negara yang beragam, bersatu sebagai bangsa Indonesia. Melalui pelaksanaan acara ini diharapkan akan menguatkan tali persaudaraan dan persatuan antar warga sebagai bangsa besar, bangsa Indonesia. Sementara itu, Tangi Utikere menyampaikan kebahagiaan dan kebanggaanya terpilih sebagai anggota Parlemen terpilih di kota Palmerston North yang sangat “multicultural” dan beragam.

Di tengah cuaca cerah dan sejuk, diaspora dan masyarakat Indonesia yang hadir sangat menikmati kemeriahan dan keseruan acara Natal yang berlangsung dari pagi sampai sore. Makanan Padang, Bakso Malang, Tahu Gejrot dan aneka kue jajan pasar, minuman dingin serta kopi tersedia mengiringi warga yang berjoget Poco Poco, Maumere sampai Dangdutan. Masyarakat menyambut dengan kegembiraan dan sukacita acara open house yang berlangsung meriah, akrab dan berkesan.

Baca Juga : Mengintip Kebhinekaan di Wellington

Baca Juga : Lewat The Brafaks, Dubes Tantowi Yahya Unjuk Kebolehan di Festival Country Dunia


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait