Kepala BNPB Doni Monardo Terima ‘Medali Emas Pentahelix’ | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Kepala BNPB Doni Monardo Terima ‘Medali Emas Pentahelix’

Ceknricek.com -- Kepala BNPB/Ketua Satgas Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo menerima anugerah Medali Emas Kemerdekaan Pers dari Dewan Pers atas jasa dan peran pentingnya dalam membangun kerja sama dengan media melalui sejumlah program terkait sosialisasi penanggulangan pandemi Covid-19.

“Ini bukan medali emas untuk saya pribadi, tetapi medali emas untuk tim yang telah bekerjasama sejak awal pandemi Covid-19, selama penanganan, dan ke depan. Pers adalah bagian penting yang tidak pernah saya tinggalkan,” ujar Doni Monardo, usai menerima medali emas secara virtual yang disampaikan melalui Egy Massadiah, Tenaga Ahli yang juga Staf Khusus Kepala BNPB, Selasa (9/2/21).

Doni mengatakan pers atau media merupakan bagian penting dari lima unsur kekuatan dalam pembangunan selain pemerintah/pemerintah daerah, akademisi, pengusaha dan juga komunitas atau masyarakat.

Untuk itu Doni menyebut penghargaan tersebut sebagai "Medali Emas Pentahelix" untuk menggambarkan rasa syukurnya atas kerja sama yang telah dibangun dengan berbagai pihak, termasuk dengan media.

Mengutip Doni Monardo, Egy menambahkan bahwa dalam banyak kesempatan, 63 persen keberhasilan pengendalian pandemi berada di tangan media. Terbukti, pengetahuan masyarakat tentang Covid-19 maupun pengetahuan masyarakat tentang 3M, di atas 65 persen secara nasional. Meskipun, angka itu tidak paralel dengan tingkat kepatuhan.

Klik video untuk tahu lebih banyak - SOSIALISASI 3M DARI TANTOWI YAHYA

Dalam kesempatan yang sama, Egy mengatakan, Doni Monardo adalah sosok yang terbuka kepada pers. Tidak saja terbuka menerima saran, tetapi juga menerima kritik.

“Bahkan ada kalanya (menerima) hujatan. Terutama yang kategori hoax,” kata Egy, yang juga seorang jurnalis senior itu.

Egy mengetahui bagaimana Doni Monardo senantiasa menjaga hubungan dengan kalangan pers. “Salah satu kawan beliau, mas Tommy Suryopranoto adalah orang yang banyak memberi masukan saran saran kepada pak Doni. Mereka berkawan sangat baik,” tambah Egy.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers M. Nuh menilai Doni Monardo berjasa dan berperan penting dalam membangun Kerjasama dengan perusahaan pers dan wartawan melalui sejumlah program terkait sosialisasi penanggulangan pandemi virus Covid-19.

Salah satu yang sukses adalah Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku (FJPP) yang diikuti sekitar 5.000 wartawan, berlangsung sejak Oktober hingga Desember 2020 dan akan dilanjutkan tahun 2021.

Di tempat terpisah, Anggota Dewan Pers, Agus Sudibyo mengatakan, Medali Emas Dewan Pers kepada Doni Monardo adalah bentuk penghargaan masyarakat pers Indonesia atas kepedulian terhadap pers.

“Pak Doni telah membantu pers melalui FJPP. Itu sangat membantu dan sangat diapresiasi,” ujar Agus, seraya menambahkan, program bagus tersebut harus dilanjutkan. (Antara)

Baca juga: Menko Meninjau, Doni Memantau

Baca juga: Doni Monardo akan Diberi Medali Emas Pers pada Puncak Peringatan HPN 2021



Berita Terkait