Ketahui 7 Cara Hindari Penyebaran Virus Covid-19 di Tempat Kerja | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Ketahui 7 Cara Hindari Penyebaran Virus Covid-19 di Tempat Kerja

Ceknricek.com -- Selama masa transisi kebiasaan baru, sebagian masyarakat telah mulai menjalani aktivitas sehari-hari. Tapi harus diingat, dalam aktivitas yang kembali menggeliat itu, risiko penularan COVID-19 mengintai.

Khusus bagi masyarakat yang bekerja di kantor atau tempat publik lainnya, perlu mengetahui langkah-langkah untuk menghindari penularan virus corona.

Dalam rilisnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) memberikan panduan tentang bagaimana virus corona bekerja dan cara menghindarinya. Dalam rilis yang dikutip CeknRicek di Jakarta, Senin, (19/10/20) ada beberapa cara untuk menghindari COVID-19 di tempat kerja.

Paham tentang cara penyebaran virus Covid-19.

Seperti yang telah banyak dibahas bahwa penyebaran virus Covid-19 bisa terjadi lewat perantara cairan tubuh berupa bersin atau batuk. Mudahnya, pola penyebaran virus ini mirip dengan cara kerja flu. Penyebarannya bisa melalui air liur hingga bersin yang tersentuh oleh bagian luar tubuh hingga lewat pernapasan. Untuk itu, penggunaan masker dapat melindungi dari paparan virus dan bakteri yang ada di udara.

Pastikan area tempat kamu bekerja dalam kondisi bersih.

Selalu memastikan area meja kerja dalam kondisi bersih dengan membersihkan permukaan barang-barang yang berada di area meja kerja seperti keyboard computer menggunakan cairan disinfektan. Karena virus dapat menular lewat cipratan air liur atau bersin yang bisa menempel pada permukaan benda, kemudian jika cipratan tadi disentuh oleh orang lain maka dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19.

Klik video untuk tahu lebih banyak - SWAB ITU GRATIS!

Selalu siap sedia masker dan tisu.

Setelah mengetahui tentang cara penyebaran virus Covid-19 yang bisa menyebar lewat udara, maka pastikan kedua benda ini agar kita bisa memberikannya kepada teman sekantor yang mungkin sedang mengalami flu. Selain itu, penting pula untuk menyediakan tempat sampah dengan wadah penutup sebagai tempat pembuangan. Hal ini dimaksudkan agar aliran udara yang mengalir di area tempat kerja bisa tetap bersih supaya mencegah penyebaran virus Covid-19.

Pasang poster-poster atau selebaran-selebaran terkait edukasi tentang Covid-19 di kantor.

Dengan adanya metode penyampaian informasi berupa poster hingga selebaran dinilai bisa meningkatkan kesadaran para pekerja tentang sangat berbahayanya virus ini. Poster-poster tersebut bisa berisi tentang siklus atau gambaran cara penyebaran virus Covid-19 hingga berupa himbauan untuk menerapkan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Selain itu bisa bisa juga membuat poster atau selebaran di kantor yang berisi nomor-nomor hotline penting yang bisa mereka hubungi saat menemukan kasus Covid-19 di area kerja.

Istirahatlah saat merasa badan tak sehat.

Bagi mereka yang sedang merasa tubuhnya tidak dalam keadaan fit atau sehat, ada baiknya untuk beristirahat saja di rumah dan mengkonsumsi obat untuk sakit yang tengah diderita. Karena ditakutkan sakit tersebut merupakan gejala dari infeksi Covid-19.

Jangan bepergian untuk sementara.

Saat makin merebaknya wabah ini, himbauan untuk tak melakukan perjalanan jauh baik dalam maupun uar negeri pun semakin gencar disuarakan. Terlebih untuk kerja, perusahaan pun diminta untuk memahami keadaan sekarang ini. Namun, jika memang diharuskan untuk pergi, perusahaan diharuskan memastikan pekerja yang pergi tersebut dalam keadaan sehat dan mengecek daftar area mana saja yang sudah terkena dampak wabah ini. Hal tersebut bisa dilihat melalui situs WHO. Dan setelah karyawan tersebut kembali, harus memantau keadaan kesehatan mereka selama 14 hari guna mendeteksi gejala infeksi virus Covid-19.

Stop untuk diskriminasi mereka yang tertular.

Jika mengetahui ada teman sekantor yang menunjukkan gejala-gejala awal infeksi virus Covid-19, segera pisahkan mereka ke dalam ruangan isolasi khusus dan laporkan ke aparat kesehatan setempat. Jangan mendiskriminasikan mereka dan berikan dukungan moril untuk kesembuhannya.

Baca juga: Berdoa dan Bahagia Kunci Sehat Ben Kasyafani Hadapi COVID-19

Baca juga: Long Weekend 28-31 Oktober, Waspada COVID-19 Mengintai



Berita Terkait