Foto: varietyF

Leonardo DiCaprio Janjikan Rp70 Miliar untuk Memperbaiki Hutan Amazon Yang Terbakar 

Ceknricek.com -- Earth Alliance, sebuah yayasan lingkungan hidup milik Leonardo DiCaprio dan teman-teman filantropinya, menjanjikan US$5 juta untuk membantu dalam memperbaiki kerusakan hutan Amazon yang dilanda kebakaran.

News.com, Senin (26/8), menyebutkan, Hutan Amazon selama tiga pekan ini mengalami kebakaran dan tercatat sebagai kerusakan hutan terparah sejak tahun 2013. Jumlah api yang terbakar naik 80 persen dibanding periode yang sama pada 2018.

DiCaprio, bersama Laurene Powell Jobs dan Brian Sheth, mengumumkan penggalangan dana untuk Hutan Amazon, Minggu (25/8). Mereka mengumumkan komitmen awal sebesar US$5 juta (setara dengan Rp70 miliar jika kurs dihitung Rp14.000), untuk memfokuskan sumber daya kritis pada perlindungan utama yang diperlukan untuk menjaga Hutan Amazon, paru-paru terbesar dunia.

Menurut situs website tersebut, dana yang terkumpul akan didistribusikan kepada mitra lokal dan masyarakat yang bekerja untuk melindungi hutan, margasatwa, dan bumi ini.

“Earth Alliance, telah memberikan dana untuk Hutan Amazon dalam kondisi darurat sejumlah US$5 juta untuk memfokuskan sumber daya kritis bagi masyarakat dan mitra lokal lainnya yang bekerja untuk melindungi keanekaragaman hayati Amazon dari masalah kebakaran,” tulis organisasi itu.

Sumber: Daily Mail

Baca Juga: Leonardo DiCaprio Kecewa Sudah 16 Hari Hutan Amazon Terbakar

Dana darurat Earth Alliance akan disebar antara lima kelompok lokal yang bekerja untuk memerangi kebakaran. Mereka adalah Earth Alliance Instituto Associacao Floresta Protegida (Kayapo), Coordination of the Indigenous Organizations of the Brazilian Amazon (COIAB), Instituto Kabu (Kayapo), Instituto Raoni (Kayapo) dan Instituto Socioambiental (ISA).

Menurut website tersebut, lebih dari 72.000 kebakaran dilaporkan oleh Brazil’s National Institute for Space Research (INPE) dimana peningkatan tajam terjadi dari 40.000 kebakaran tahun lalu. Ini disebabkan oleh lonjakan deforestasi yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh operasi ternak dan tanaman pakan.

Leonardo DiCaprio Foundation (LDF) bergabung dengan Earth Alliance pada bulan Juli 2019 untuk membantu mengatasi ancaman mendesak terhadap sistem pendukung kehidupan bumi. 

Dukungan terhadap masalah kebakaran Hutan Amazon juga diserukan oleh tokoh-tokoh dunia antara lain; Madonna, Camila Cabello, Zoe Kravitz, Lil Nas X, dan Viola Davis.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 



Berita Terkait