Foto: Istimewa

Liburan Tahun Baru, Volume Lalu Lintas di Bali meningkat 40 Persen

Ceknricek.com -- Dinas Perhubungan Kabupaten Badung, Bali memprediksi terjadi peningkatan volume lalu lintas sebesar 40 persen di kawasan Kuta dan berbagai objek wisata lainnya di wilayah Badung khususnya Badung Selatan. 

"Kenaikan volume kendaraan sebesar 40 persen tersebut merupakan dampak dari musim liburan tahun baru," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Badung A.A. Ngurah Rai Yuda Darma, di Mangupura, Selasa, (31/12) melansir Antara. 

Untuk itu, ia menekankan agar para petugas Dinas Perhubungan yang bertugas di lapangan harus dapat membantu mengantisipasi dan mengurai kemacetan serta membantu pihak kepolisian yang mempunyai kewenangan di jalan raya. 

"Saat malam pergantian tahun, bagi masyarakat yang menuju Pantai Kuta atau Jalan Legian kami arahkan untuk parkir di Central Parkir, Lapangan Tri Sakti dan kantong-kantong parkir yang ada di seputaran Kuta untuk selanjutnya dapat menuju pantai dengan berjalan kaki," ujarnya

"Kami juga meminta petugas mampu mengoptimalkan berbagai sarana prasarana, baik yang berbasiskan teknologi seperti Sistem Kendali Lalu lintas Kendaraan atau Area Traffic Control System (ATCS) maupun yang berbasiskan manual seperti mempersiapkan mobil derek," imbuh Yuda Darma. 

Selain itu, sebagai persiapan malam pergantian tahun, Dishub Badung juga telah menyelenggarakan apel siaga yang merupakan kegiatan yang terintegrasi antar seluruh pemangku kepentingan di bidang lalu lintas pada Senin (30/12) lalu. 

Baca Juga: Tempat-Tempat Seru Rayakan Tahun Baru 2020 di Jakarta

Kegiatan tersebut juga diikuti personel kepolisian, Dinas Kesehatan, BPBD, PT Jasa Raharja, Satpol PP dan pemangku kepentingan lainnya di tingkat kecamatan, kelurahan, desa adat beserta lembaga terkait lain. 

Pada kesempatan itu, ia mengatakan pihaknya telah meminta petugas selama melaksanakan tugas untuk mengedepankan langkah-langkah persuasif dan terkoordinasi dengan berbagai pemangku kebijakan lain agar lalu lintas selama perayaan malam tahun baru dapat berjalan dengan lancar. 

“Saya telah meminta para petugas untuk mengedepankan kekompakan, kebersamaan yang dilandasi dengan jiwa persatuan yang mendalam serta bekerja dengan cerdas, ikhlas dan tuntas," ujar Ngurah Rai Yuda Darma. 

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dishub Badung, Tofan Priyanto, secara teknis menyampaikan bahwa Dishub Badung siap melakukan kegiatan penjagaan, pengamanan dan pengaturan lalu lintas di wilayah Badung dalam menyongsong Tahun baru. 

"Kami juga mengerahkan sebanyak 181 petugas operasional lapangan yang akan berjaga di sejumlah titik rawan kepadatan lalu lintas," katanya. 

Titik-titik pengamanan lalu lintas di Kabupaten Badung tersebut diantaranya adalah Pos Pengamanan Terminal Tipe A Mengwi, Pos Pengamanan Terpadu Sempidi, Pos Pengamanan Terpadu Pantai Kuta (Beachwalk), Pos Pengamanan Terpadu Sunset Road. 

Pos Pengamanan Terpadu Dewa Ruci, berbagai destinasi wisata di Kawasan Badung Selatan, simpang-simpang rawan macet di kawasan Kuta, Kuta Utara dan Kuta Selatan. 

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: NadiaNabillah


Berita Terkait