Literasi Akhir Pekan Jilid 6 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

Literasi Akhir Pekan Jilid 6

Kolaborasi CH Institute dengan Kompas

Ceknricek.com—Selasa (25/7/23) pekan lalu, CH Institute bekerjasama dengan Kompas menyelenggarakan Literasi Akhir Pekan jilid 6 bertempat  di Bentara Budaya Jakarta.   Literasi Akhir Pekan adalah sebuah acara yang digagas oleh CH Institute dan CFAS UNAS (Central for Australian Studies Universitas Nasional) bekerjasama dengan komunitas penulis The Writer, Satupena, Perpusnas dan perkumpulan penulis dan editor PBK (Penerbit Buku Kompas).  

Acara ini terdiri dari Gathering para pecinta literasi, bincang buku dan Live Music. Literasi Akhir Pekan jilid 6 yang menggandeng pihak Kompas bergulir pada platform yang sama yaitu ide meluncurkan giat edukatif sebagai bagian dari upaya turut serta bersama sama dalam berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa.

Literasi Akhir Pekan jilid 6 kolaborasi CH Institute, CFAS UNAS dengan Kompas yang juga melibatkan The Writers, Satupena, Perpusnas dan PBK kali ini menampilkan dua tokoh kondang di bidangnya masing masing, yaitu A.M Hendropriyono dan Budiman Tanuredjo.   Buku yang diperbincangkan adalah buku Filsafat Intelijen dari A.M Hendropriyono dan buku Mimpi Tentang Indonesia dari Budiman Tanuredjo.   Perbincangan buku dilaksanakan dengan fokus pada topik Mimpi Indonesia ke depan menyongsong  Satu Abad Negara Kesatuan Republik Indonesia 2045.   Diskusi dan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Liviana Cherlisa berlangsung sangat menarik dan santai serta diselingi penampilan Live Music dari Band The Playsets.

Foto: Istimewa

Tampak hadir dalam perhelatan tersebut antara lain Kepala  Badan Intelijen Negara ke 11, Jenderal TNI Purnawirawan Prof Dr. Abdullah Mahmud Hendropriyono, Chappy Hakim salah satu pendiri CH Institute,  Budiman Tanuredjo Wakil Pimpinan Umum Kompas, Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Pengamat Politik Sukidi, Dosen Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam, Staf khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo, Mantan Menteri Perindustrian Saleh Husin  dan Ninok Leksono Rektor Universitas Multimedia Nusantara serta Duta Besar Todung Mulya Lubis.

Dr. Nasir Tamara, wartawan Sinar Harapan di Paris tahun 1970-an merespon Literasi Akhir Pekan jilid 6 dengan tulisan singkat sebagai berikut : Mimpi tentang masa depan Indonesia yg maju, adil & demokratis menjadi topik diskusi penting pekan ini di Jakarta. Para pembicara: Jenderal (Purn) A.M. Hendropriyono yg menulis buku “Filsafat Intelijen”, Sukidi, Grace Natalie & A. Khoirul Umam.  Bima Arya menyusul. Diteruskan dg tanggapan kritis oleh beberapa intelektual yg hadir. Acara ini digagas oleh Pak Chappy Hakim (pendiri CH Institut, penggagas acara Literasi Akhir Pekan yg memperkenalkan para penulis dg santai disertai alunan musik band The Playset) dan harian Kompas.  Diawali dg peluncuran buku karya Mas Budiman Tanuredjo, Wakil Pemimpin Umum Kompas. Dia menyebutkan Mochtar Lubis penulis buku “Manusia Indonesia”. Kata Budiman:  “Penggalian soal identifikasi masalah bangsa menjadi penting untuk menjawab pertanyaan mengapa bangsa ini sering disebut orang begini-begini saja”. Usaha para pemikir ini sangat penting & harus dilanjutkan. Bravo.

Lebih Jauh tentang Literasi Akhir Pekan

Kegiatan bertajuk Literasi Akhir Pekan diluncurkan pertama kali bersamaan dengan peluncuran buku Chappy Hakim pada tanggal 17 Desember tahun 2022, bertempat di Auditorium Perpustakaan Nasional jalan Merdeka Selatan Jakarta Pusat.  Pada saat itulah diperkenalkan konten yang unik dari acara kegiatan Literasi Akhir Pekan berupa Gathering para pecinta Literasi, bincang buku dan Live Music.

Literasi Akhir Pekan yang pertama terselenggara atas kerjasama CH Institute, Perpustakaan Nasional, CFAS UNAS dan komunitas penulis dan editor PBK yang mengikut sertakan juga komunitas penulis Satupena dan The Writers.

Foto: Istimewa

Literasi Akhir Pekan jilid 2 diselenggarakan pada tanggal 26 Januari 2023 bertempat di  Gedung Ardhya Loka Lanud Halim Perdanakusuma.   Bincang buku membahas 3 buku tulisan Chappy Hakim, Misteri Kedirgantaraan – Penerbangan dan Keamanan Nasional, Humaniora – Kumpulan Artikel Chappy Hakim dan 75 tahun CH dalam Gambar.   Kepanitiaan ketika itu terdiri dari CH Institute, CFAS UNAS dengan dukungan teknis pelaksanaan dari jajaran Dispen dan Satkomlek AU.

Literasi Akhir pekan jilid 3 berlangsung pada hari Sabtu tanggal 18 Februari 2023 yang bertema Diplomat Menulis berlangsung di Qi Lounge Hotel Sultan.   Ketika itu dipromosikan buku tulisan mantan Duta Besar Dr.Darmansyah Djumala berjudul Diplomasi Membumi – Narasi Cita Diplomat Indonesia.   Buku ke 2 merupakan  karya Mantan Dubes Dian Wirengjurit berjudul Iran _ Nuklir, Sanksi, Militer dan Diplomasi.  Buku ke 3 adalah sebuah buku berjudul Diplomasi 4 Benua karya Mantan Dubes Andradjati,MIP.

Foto: Istimewa

Literasi Akhir Pekan jilid 4 – edisi spesial menyambut bulan Ramadhan berlangsung di Qi Lounge Hotel Sultan pada tanggal 22 Maret 2023.   Tema yang diangkat adalah Psikolog Menulis.   Bincang buku membahas dua buku dari Pusparani Hasjim berjudul Time Out Ade Rani dan Tribute to Ade Rani.   Sebuah otobiografi seorang psikolog yang banyak berkontribusi antara lain dalam bidang Psikologi Olahraga.  Beriringan dengan itu dibahas pula buku Peradaban Rambut Nusantara yang merupakan karya tulis Oky Andries bersama dengan Fatsi Anzani.  Sebuah buku dari kisah menarik yang belum pernah terdengar dibahas secara terbuka mengenai sekelumit sejarah tentang potong rambut atau barbershop di Indonesia.

Literasi Akhir Pekan Jilid 5 diselenggarakan dengan tema Pilot Menulis – ketika dunia penerbangan bersumbangsih kepada literasi yang berlangsung pada tanggal 27 Mei 2023 di Perpustakaan Nasional jalan Merdeka Selatan Jakarta Pusat.   Bincang buku menampilkan  tulisan Pilot Perwira Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Purn. Rosihan Arsyad.  Judul bukunya adalah Menerjang Ombak Menembus Awan dan buku tulisan Kapten Pilot Wanita Airasia Monika Anggreini berjudul Burung Besi Monika Airbus a320.

Rencananya kegiatan bertajuk Literasi Akhir Pekan diselenggarakan setiap bulan.  Namun pada bulan April yang berhadapan dengan kegiatan Puasa dan Lebaran Literasi Akhir Pekan sulit untuk diselenggarakan.  

Kedepan, CH Institute yang dimotori oleh Sukasno, Harry Darmawan dan Ivan Panji bersama CFAS UNAS, dan Universitas Indonesia Tengah berusaha menjajaki untuk dapat menyelenggarakan Literasi Akhir Pekan di Australia.   Kegiatan ini diharapkan dapat bergulir atas dukungan dan kerjasama serta sponsorship dari berbagai pihak antara lain dengan Kedutaan Besar Australia di Indonesia serta KBRI Canberra.Sebuah ide dari kegiatan mengembangkan minat terhadap dunia Literasi yang sekaligus dapat turut lebih mempererat hubungan antar negara Indonesia dan Australia sebagai 2 negara yang bertetangga dekat.

 Jakarta 1 Agustus 2023

Chappy Hakim – CH Institute


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait