Sumber: Getty Images

Liverpool vs Manchester City, Tak Ingin Kehilangan Poin

Ceknricek.com -- Dua tim papan atas Liga Inggris (Premier League) Liverpool dan Manchester City akan berjibaku dalam pekan ke-12 musim 2019/2020, Minggu (10/11). Keduanya tak ingin kehilangan poin demi menjaga peluang mereka meraih mahkota juara di akhir musim.

Masih segar ingatan kita ketika musim lalu, Liverpool dan Manchester City sikut-sikutan hingga pekan terakhir Premier League. Kendati mencetak 97 poin atau poin tertinggi Liverpool sepanjang sejarah mengikuti Premier League, The Reds akhirnya tetap harus menyerahkan mahkota juara ke Manchester City yang unggul hanya sebiji poin.

Asal tahu saja, musim lalu sendiri Liverpool hanya bermain imbang 0-0 saat menjamu City di Anfield. Hitung-hitungannya, kalau saja laga itu bisa dimenangkan Liverpool, maka Liverpool seharusnya bisa unggul dua poin atas City di akhir klasemen.

Tak heran meski saat ini Liverpool unggul enam poin atas City di klasemen sementara, anak asuh Juergen Klopp ini enggan kehilangan poin ketika menjamu sang juara bertahan. Di sisi lain, City juga ingin mendulang poin sempurna demi kembali menduduki peringkat dua yang saat ini diduduki Leicester City, yang telah bermain terlebih dahulu sehari sebelumnya. Selain tentunya demi memangkas jarak dari The Reds.

Juergen Klopp sendiri mengaku tidak bisa menjanjikan apapun untuk para Liverpudlian, pendukung The Reds. Meski demikian, dirinya mengatakan bahwa timnya akan berjuang hingga akhir musim, demi mengembalikan kembali gelar Liga Inggris yang terakhir mereka rebut di musim 1989/1990 alias tiga dekade silam.

Sumber: Istimewa

“Saya tidak bisa lebih bangga atas apa yang telah dilakukan skuad ini dan mereka terus berkembang. Kami tidak bisa dan tidak mampu menjanjikan hasil yang akan datang. Kami tidak bisa secara spesifik menjanjikan hasil hari ini ataupun pencapaian kami di akhir Mei, itu bodoh sekali,” kata manajer asal Jerman itu seperti dilansir Liverpoolfc.com.

“Apa yang bisa kami janjikan adalah kami memberikan segalanya dalam permainan. Para pemain tidak tahu cara lain, mereka harus memberikan segalanya tanpa kurang ketika mereka berkompetisi untuk Liverpool,” tambah Klopp.

Sementara itu, kapten The Reds, Jordan Henderson mengaku menghormati kekuatan yang dimiliki sang rival, Manchester City. Meski demikian, dirinya mengaku hanya fokus dengan kualitas yang dimiliki timnya.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris Pekan 11, Empat Besar Belum Berubah

“Kami memiliki keyakinan penuh pada apa yang kami lakukan dan untuk pertandingan seperti ini, kami perlu fokus pada kualitas kami sendiri. Seperti yang kami lakukan untuk setiap pertandingan yang kami mainkan, terlepas dari siapapun tim yang kami hadapi. Kami memiliki rasa hormat untuk lawan baik di dalam maupun di luar lapangan,” ujar Henderson.

Rekor Anfield

Di lain sisi, manajer City, Joseph Guardiola mengaku tidak terlalu mengkhawatirkan rekor buruk City kala bermain di Anfield. Sekadar informasi, Manchester biru memang tercatat hanya dua kali menang atas Liverpool di Anfield sejak 1956, yakni ketika menang 3-1 tahun 1981 dan 2-1 di tahun 2003. Sejak kemenangan terakhir itu, City telah menjalani 16 pertandingan dengan hasil 5 kali imbang dan 11 kalah saat jumpa The Reds di kandangnya.

“Statistik? Saya tidak terlalu memikirkan hal itu, tetapi rekor tanpa kemenangan yang lama menunjukkan betapa sulitnya untuk menang di Anfield. Mungkin Minggu ini rekor itu akan berakhir. Meski demikian, hidup terus berlalu. Ini adalah pertandingan penting dan kami akan melakukan apa yang kami lakukan untuk menang, mencoba dan memenangkannya,” kata pria yang akrab dipanggil Pep itu seperti dilansir Mancity.com.

“Kami memiliki peluang untuk menang. Kami tahu cara untuk memenangkan permainan semacam ini dan kami harus berada di level teratas. Kami tidak bisa memberikan setengah-setengah,” tambah Pep.

Sumber: Getty Images

Pada pertandingan yang akan digelar pada pukul 23.30 WIB nanti, City akan kehilangan penjaga gawang utamanya, Ederson Moraes yang mengalami cedera paha saat menghadapi Atalanta pada lanjutan Liga Champions pertengahan pekan ini. Sebagai gantinya, Pep akan memainkan Claudio Bravo, mantan penjaga gawang Barcelona itu.

Sumber: Getty Images

Selain Ederson, Pep juga kemungkinan tidak bisa memainkan David Silva, dengan Rodri dan Aymeric Laporte juga belum pulih dari cedera. Pep sendiri tidak memiliki kesulitan untuk menentukan lini tengah setelah masih memiliki Kevin de Bruyne yang siap mengirimkan bola matang ke Sergio Aguero.

Sementara Liverpool akan kehilangan Joel Matip yang menderita cedera lutut saat jumpa tetangga City, Manchester United 20 Oktober lalu. Virgil van Dijk dan Jordan Henderson diprediksi akan tetap bisa tampil meski mereka tak ikut sesi latihan Kamis.

Kedua tim sama-sama tahu bagaimana pentingnya meraup tiga poin, begitu pula bagaimana kekalahan bisa berdampak bagi perjalanan mereka musim ini. Sebagai tim yang sama-sama bagus dalam menyerang dan bertahan, kedua tim kemungkinan akan menunggu momen yang tepat sambil tetap melancarkan ritme permainan masing-masing.

Hasil imbang masih cukup bagus untuk Liverpool, sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka. Asal tahu saja, tim terakhir yang mampu mengalahkan Mohamed Salah dkk ialah City, 3 Januari lalu. Sejak itu, Liverpool belum pernah kalah dalam 28 laga, dengan memenangi 19 dari 20 laga terakhir.

Prakiraan Formasi

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Van Dijk, Lovren, Robertson; Fabinho, Henderson, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane.

Manchester City (4-3-2-1): Bravo; Walker, Otamendi, Stones, Mendy; Fernadinho, Gundogan, De Bruyne; Bernardo Silva, Sterling; Aguero.

Prediksi: 50-50.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait