Lorenzo, Biaggi dan Anderson Masuk Jejeran Legenda MotoGP | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: MotoGP.com

Lorenzo, Biaggi dan Anderson Masuk Jejeran Legenda MotoGP

Ceknricek.com -- MotoGP menobatkan juara dunia lima kali yang baru pensiun di musim 2019 lalu, Jorge Lorenzo sebagai bagian dari legenda MotoGP. Lorenzo akan dinobatkan bersama dua pembalap legendaris lainnya, Max Biaggi dan Hugh Anderson.

Pengumuman ini diumumkan melalui situs resmi MotoGP. Lorenzo akan dilantik sebagai Legenda MotoGP di Sirkuit Jerez-Angel Nieto di Spanyol musim ini, sirkuit di mana Lorenzo menjalani debut Grand Prix pada ulang tahunnya ke-15. Bahkan tikungan terakhir di sirkuit itu juga dinamai sesuai nama pembalap asal Spanyol itu.

Baca Juga: Merasa Tak Kompetitif Lagi, Jorge Lorenzo Umumkan Pensiun dari MotoGP

"Dinobatkan sebagai Legenda MotoGP membuat saya sangat senang. Ketika saya mulai terjun di dunia ini, apa yang ingin saya lakukan adalah turun di kejuaraan dunia," kata Lorenzo seperti dikutip laman resmi MotoGP.

"Memenangi balapan dan kemudian lima Kejuaraan Dunia adalah jauh di luar ekspektasi saya. Tentunya menjadi legenda MotoGP adalah sesuatu yang jauh lebih sulit lagi untuk dicapai," tambahnya.

Sumber: AFP

Lorenzo tercatat meraih juara dunia kelas 250cc pada 2006 dan 2007, serta menjadi pembalap teratas di kelas premier pada 2010, 2012 dan 2015. Pembalap berjuluk X-Fuera itu juga tercatat sebagai perusak dominasi sang pembalap ikonik Valentino Rossi, serta sang Baby Alien, Marc Marquez.

Lorenzo menjadi juara MotoGP bersama Yamaha, sebelum akhirnya pindah ke Ducati di musim 2017. Bersama pabrikan asal Italia itu, Lorenzo mempersembahkan tiga kemenangan Grand Prix sebelum pindah ke Honda dan memutuskan pensiun akhir musim lalu.

Sumber: Instagram @MaxBiaggiOfficial

Sementara Biaggi, dunia empat kali asal Italia itu akan mendapat gelarnya di Sirkuit Mugello dan juara dunia empat kali asal Selandia Baru akan dilantik lebih lanjut tahun ini. Lorenzo adalah salah satu pembalap tersukses sepanjang masa, meraih kemenangan pertamanya pada 2003 dan ke-68 pada 2018.

Adapun Biaggi menjalani Grand Prix pertamanya di kelas 250cc pada 1991 dan menjadi juara dunia di kelas menengah itu pada 1994, 1995, 1996 dan 1997 sebelum menjalani debut di kelas premier pada 1998. Setelah pensiun pada 2005, Biaggi mengemas 13 kemenangan Grand Prix dan menjadi runner-up di tiga musim sebelum pindah ke WorldSBK dan merebut dua gelar juara Superbike pada 2010 dan 2012.

Baca Juga: Tanggapan Para Rival Terkait Mundurnya Lorenzo

Selama masih aktif, Biaggi terkenal akan perselisihannya dengan kompatriotnya Valentino Rossi. Setelah pensiun, pembalap berjuluk Roman Emperor dan Mad Max itu menjadi kepala Sterilgarda Max Racing Team.

"Saya merasa terhormat menjadi Legenda MotoGP dan mendapati nama saya bersanding dengan pembalap penting lainnya seperti Agostini, Aspar, Niete, Sheene. Saya senang bisa meninggalkan warisan yang akan selalu dikenang. Terasa menyenangkan mengetahui semua kerja keras bertahun-tahun ini dikenang," ucap Biaggi.

Sumber: Fairfax NZ

Nama terakhir yang akan dianugerahi gelar legenda adalah Hugh Anderson, juara dunia kelas 50cc pada 1963 dan 1964 serta kelas 125cc pda 1963 dan 1965. Anderson pensiun pada 1966 setelah merebut 25 kemenangan Grand Prix dan empat gelar juara dunia itu dalam enam tahun.

Ketiga legenda baru itu akan bergabung dengan nama-nama legenda lainnya termasuk Giacomo Agostini, Mick Doohan, Geoff Duke, Wayne Gardner, Mike Hailwood, Daijiro Kato, Eddie Lawson, Anton Mang, Angel Nieto, Wayne Rainey, Phil Read, Jim Redman, Kenny Roberts, Kenny Roberts Jr, Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry Sheene.

Selanjutnya ada mendiang Marco Simoncelli, Freddie Spencer, Casey Stoner, John Surtees, Carlo Ubbiali, Alex Crivillé, Franco Uncini, Marco Lucchinelli, Randy Mamola, Kork Ballington, Dani Pedrosa, Stefan Dörflinger, Jorge Martinez dan mendiang Nicky Hayden.

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait