Sumber Foto: Hello Sehat

Manfaat Buah Pepaya bagi Bayi

Ceknricek.com – Buah merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat ketika dikonsumsi. Selain rasanya yang enak, buah memiliki peran dalam menjaga kesehatan tubuh manusia, salah satunya bayi. 

Bayi yang berusia 6 bulan sudah bisa diberikan makanan sebagai pendamping ASI eksklusif, atau biasa disebut MPASI. Ternyata banyak sumber gizi baik yang didapatkan oleh bayi ketika mengonsumsi buah, salah satunya yakni pepaya.

Buah yang memiliki daging yang lembut dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bayi, berikut merupakan ulasannya:

Melancarkan Pencernaan

Dikutip dari alodokter,com menurut penuturan Dr Lili Dwiyani, buah pepaya mengandung vitamin dan mineral yang beragam, yang dapat membantu pemperlancar pencernaan.

Kandungan serat dan air dalam buah pepaya dapat melancarkan pencernaan serta mencegah sembelit. Disamping itu, enzim papain berperan melumat daging sehingga bisa mencegah kesulitan dalam BAB.

Kaya Akan Vitamin A

Buah ini mengandung Kaya akan Vitamin A didalamnya, hal ini diketahui dari warna daging buah yang memiliki warna kemerahan. Vitamin A memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan mata. 

Zat yang terkandung pada Vitamin A dapat memperkuat saraf dan otot pada indera penglihatan. Selain itu, Vitamin A bermanfaat untuk melembabkan kulit, menguatkan rambut sehingga dapat mencegah penyakit kanker.

Mencegah Diabetes

Rendahnya kadar gula pada buah pepaya dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Buah ini dipercaya dapat meningkatkan insulin dan lipid yang berguna sebagai energy yang terkonsentrasi

Menyehatkan Jantung

Jantung memiliki fungsi yang sangat berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Maka kesehatan jantung sangat amat harus diperhatikan. Buah pepaya dapat mengurangi risiko terjangkit penyakit jantung, dikarenakan kandungan vitamin, serat hingga kalium yang tinggi dapat menjaga jantung dari risiko penyakit yang sangat berbahaya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah pepaya ternyata cukup besar, hal ini dapat membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi. Dengan mengonsumsi buah pepaya secara rutin dapat membantu bayi terserang penyakit seperti demam, batuk serta flu yang umumnya menyerang sistem imunitas yang rendah.



Berita Terkait