Manfaat Tak Terduga Dari Teh Celup Untuk Kecantikan | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: vsp.com

Manfaat Tak Terduga Dari Teh Celup Untuk Kecantikan

Ceknricek.com -- Berbicara perawatan kulit wajah memang tidak ada habisnya. Tahukah Anda jika Anda bisa manfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah seperti teh celup? 

Bahan alami seperti teh celup ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kecantikan wajah. Dari mulai mengatasi kulit kering, hingga untuk rambut. Lantas apa saja manfaat lainnya dari teh celup? Simak rangkumannya. 

Menghidrasi kulit kering

Teh celup yang biasanya dipakai untuk minuman teh ternyata juga bisa untuk menyegarkan kulit kering. Caranya, biarkan air teh menjadi dingin, lalu tuangkan ke dalam botol. Kemudian, Anda bisa langsung menyemprotkannya ke kulit yang kering. Teh apa pun bisa digunakan, tetapi antioksidan dalam teh hijau yang paling efektif untuk menghidrasi kulit kering.

Mengatasi kulit terbakar sinar matahari

Bila Anda beraktivitas di luar ruangan dan kulit terkena langsung sinar matahari jangan khawatir. Teh celup memiliki kandungan asam tanat yang dapat mengatasi kulit terbakar karena sengatan matahari. Caranya, Anda bisa seduh beberapa kantong teh dalam panci.

Setelah air rebusan teh mendingin, celupkan handuk ke dalam rebusan, dan letakkan di atas kulit yang terbakar hingga 30 menit. Bisa juga mengoleskan langsung ke wajah untuk mengurangi kemerahan.

Baca Juga: Turunkan Berat Badan dengan Teh Hijau

Mengatasi lingkar hitam mata

Kelelahan dan kurang tidur bisa menimbulkan lingkar hitam di mata. Ahli bedah plastik wajah & perawatan kulit, Dr. James C. Marotta mengatakan, teh celup bisa digunakan untuk menghilangkan lingkar hitam di mata.

"Lingkaran hitam di mata disebabkan menyempitkan pembuluh darah, kandungan tanin di teh celup bisa menghentikan penyebab perubahan warna di sekitar mata," kata Marotta, dikutip dari Good Housekeeping.

Cara untuk mengatasi lingkar hitam ini dengan teh celup, Anda bisa rendam teh celup di air hangat, lalu letakkan di kantung mata selama beberapa menit. Teh celup dapat mengurangi bengkak pada mata.

Mengencangkan kulit wajah

Teh hijau dipercaya dapat mengencangkan kulit. Anda bisa menggunakan teh ini sebagai masker wajah. Cara membuatnya, cukup campur teh hijau, baking soda, dan sedikit madu. Madu bisa meregenerasi kulit, sedangkan baking soda adalah exfoliator yang baik dan juga membantu detoksifikasi kulit.

Membuat rambut halus dan berkilau 

Tak hanya untuk kecantikan wajah, khasiat teh celup bisa Anda rasakan untuk rambut. Gunakan beberapa teh celup bekas lalu seduh sampai air mengental dan biarkan dingin. Sebelum mandi, langsung aplikasikan rebusan air teh ke rambut dan biarkan sekitar 10 menit sambil memijat kulit kepala. Kemudian bilas dengan air dan cuci rambut dengan sampo seperti biasa.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait