Menakjubi Keindahan Kupu Kupu | Cek&Ricek astra-satu-untuk-indonesia
Foto: Istimewa

Menakjubi Keindahan Kupu Kupu

Ceknricek.com--Setelah sempat antusias menulis naskah tentang pesona keindahan kunang-kunang (16 April 2021), kini saya euforia menulis tentang pesona keindahan kupu-kupu. Sayap kupu-kupu menurut selera subyektif saya merupakan satu di antara tak terhingga anugerah terindah Yang Maha Kuasa.

Estetika

Ketika menyaksikan keindahan sayap kupu-kupu terpaksa saya mohon maaf kepada para atheist bahwa saya percaya Tuhan ada. Ketika masih menjadi larva sebagai mahluk paling unik di planet bumi kemudian secara lambat namun pasti bermetamorfosa menjadi kupu-kupu sebagai mahluk terindah di planet bumi membuat rasa kagum saya terhadap ke-MahaKuasaan Yang Maha Kuasa makin menjadi-jadi.

Tidaklah heran bahwa Zuang Chi sempat berkisah impian Lao Tse yang menjadi landasan pemikiran Tao bukan tentang kunang-kunang atau kalajengking apalagi kecoak tetapi kupu-kupu. Adalah kupu-kupu pula yang menjadi tokoh utama teori Kacau-Balau di ranah sains, matematika dan filsafat dengan pernyataan fantastis matematikawan merangkap meterologiwan Edward Lorenz bahwa kepak sayap seekor kupu-kupu di Brasil bisa terasa dampaknya sampai ke Texas. Secara visual, desain sayap kupu-kupu memang terkesan simetris namun sebenarnya tidak sempurna simetris sebagai satu dari sekian unsur yang melekat pada apa yang disebut quantum.

Fraktal

Sang polymatematikawan Benoit Mandelbrot ketika menggagas fraktal, naga- naganya banyak terpengaruh oleh desain alamiah termasuk sayap kupu-kupu. Yang Maha Kuasa pastinya bukan tanpa niat khusus tertentu dalam menciptakan sayap kupu-kupu relatif lebih indah ketimbang sayap lalat, nyamuk atau kecoak.

Menurut selera pribadi saya yang bisa menandingi keindahan sayap kupu-kupu hanya ekor Cendrawasih dan Merak. Tidak percuma Titiek Puspa menggubah melodi dan lirik lagu Kupu-Kupu Malam sebagai suatu kritik sosial sambil menjunjung tinggi harkat dan martabat kaum perempuan.

Foto: istimewa

I Wayan Beratha mencipta mahakarya Tari Kupu-Kupu mengekspresikan eksotisme, kedamaian dan tentu saja keindahan spiritual yang hadir di pulau Bali. Pintu mobil super-mewah yang bisa terbuka bukan ke samping tetapi ke atas disebut sebagai pintu kupu-kupu. Sayang sementara ini belum ada mobil kecuali yang prototip berpintu kupu-kupu bisa terbang seperti kupu-kupu.

Kisah Sanpek-Engtay berakhir dengan kedua pasangan meninggalkan dunia fana untuk bermetamorfosa menjadi sepasang kupu-kupu. Menurut entolomogis, Angie McPherson yang berkarya sebagai relawan Taman Kupu-Kupu Smithsonian dibawah manajemen National Museum of Natural History fungsi keanekaragaman keindahan sayap kupu-kupu bukan hanya untuk mempesona saya belaka namun memiliki makna multikompleks sebagai bagian hakiki dari ekosistem marcapada antara lain menggunakan jurus mimikri untuk menghindari para predator mau pun sebagai daya tarik pasangan agar sudi melakukan proses reproduksi.

Bahasa

Tanpa sayap yang begitu indah dikuatirkan jenis satwa kupu-kupu musnah akibat dimangsa predator di samping tidak ada daya tarik seksual sehingga tidak ada reproduksi satwa jenis kupu-kupu sebagai serangga makrolepidoteran jenis Rhopalocera ordo Lepidoptera yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai butterfly, Jerman : schmetterling, Prancis : pappilon , Spanyol : mariposa, Yunani : petalouda, China : hudie , Jepang: chouchou, Banjar : kukupu, Indonesia : kupu-kupu atau rama- rama.

Bagi para pengagum pesona sayap kupu-kupu silakan berkunjung ke berbagai taman kupu-kupu di persada Nusantara seperti misalnya Kemenuh Butterfly Park, Alian Butterfly Park, Taman Kupu-Kupu Batam, Cihanjuang, Gita Persada, Sinar Wangi atau silakan swasembada bikin taman kupu-kupu di taman pribadi masing- masing.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait