Mengenal Iman Brotoseno, Sutradara 3 Srikandi yang Jadi Dirut Baru TVRI | Cek&Ricek
Sumber: Istimewa

Mengenal Iman Brotoseno, Sutradara 3 Srikandi yang Jadi Dirut Baru TVRI

Ceknricek.com -- Tagar Boikot TVRI masih bertahan di daftar trending topic Twitter Jumat (29/5/2020). Nama Dirut TVRI yang baru, Iman Brotoseno, menjadi sorotan. Tak sedikit yang akhirnya mencari tahu rekam jejak Iman hingga dia bisa dipilih untuk menggantikan Helmy Yahya.

Terlepas dari kontroversi twit-twit lamanya, Iman punya latar belakang yang menarik. Pada 2016 lalu, Iman menyutradarai film 3 Srikandi yang dibintangi oleh Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, dan Tara Basro.

Baca Juga: Marvel Kenalkan Hulk Baru, Berwarna Kuning

Film itu diangkat dari kisah nyata tentang tiga atlet panahan perempuan Indonesia yang meraih medali emas di Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul, Korea Selatan. Sebelum itu, ia kerap menggarap film televisi, iklan, video musik, dan film dokumenter.

Selain menjadi sineas sejak 1998, Iman juga dikenal sebagai praktisi periklanan. Iman bahkan pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pekerja Film Iklan Indonesia. Pewarta juga menjadi salah satu profesi yang digeluti Iman.

Baca Juga : Abdel Ungkap Kebaikan Mamah Dedeh, Berangkatkan Umrah hingga Belikan Rumah untuk Orang

Iman diketahui dulunya merupakan kontributor majalah Playboy, National Geographic Indonesia, Chic Photo Video Magazine, dan Nikonia. Ia menggarap artikel, fotografi bawah air, serta perjalanan. Dari sisi akademis, Iman merupakan lulusan fakultas hukum Universitas Indonesia. Ia pernah bergabung dalam sebuah firma hukum, namun tak bertahan lama.

Setelah lulus, Iman lebih banyak berkecimpung di dunia film dan iklan. Pada 27 Mei 2020, Iman terpilih menggantikan Helmy Yahya sebagai Dirut TVRI yang baru. Ia akan menjawab selama dua tahun, yakni periode 2020 hingga 2022, seperti dikutip dari Kompas.com.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait