Menko Polhukam: Polri Siap Amankan Natal dan Tahun Baru | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Menko Polhukam: Polri Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Ceknricek.com -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, menyatakan aparat kepolisian siap mengamankan perayaan Natal Tahun 2019 dan malam Tahun Baru 2020. 

"Ini berdasarkan paparan yang saya terima dari Polri saat melakukan kunjungan ke Mabes Polri. Semuanya sudah siap dan Insya Allah masyarakat bisa tenang merayakan natal dan tahun baru," kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (12/11) dilansir dari Antara.

Menurut Mahfud, aparat kepolisian akan berusaha keras agar perayaan natal dan pergantian malam tahun baru berjalan aman dan lancar. Pernyataan ini ia sampaikan usai melakukan kunjungan ke Mabes Polri untuk bertemu Kapolri Jenderal Idham Azis beserta jajarannya. 

"Insya Allah akan diusahakan aman seaman-amannya baik dari segi transportasi maupun ketertiban masyarakat dan masalah lainnya yang mungkin timbul. Semuanya sudah diantisipasi oleh Polri," katanya.

Baca Juga: Menkopolhukam: Stop Berita Kekerasan Tentang Papua

Polri sendiri telah merancang adanya Operasi Lilin dalam rangka pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2020. Pihak kepolisian akan melakukan beberapa kegiatan rutin untuk menciptakan rasa aman di kalangan masyarakat dan mencegah kejahatan. 

"Dari Mabes Polri juga akan mengadakan Operasi Lilin. Tentunya ini masih direncanakan. Nanti berdasarkan hasil analisa intelijen, seperti apa apa pengamanannya," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono beberapa hari lalu. 

Dalam perencanaan mereka, wilayah Polda yang menjadi prioritas peningkatan pengamanan, baik di pusat perbelanjaan, tempat ibadah dan rekreasi hingga pengaturan lalu lintas. 

"Misalnya untuk mengamankan jalur lalu lintas agar kegiatan akhir tahun tidak terjadi kemacetan, kejahatan. Jadi nanti semua kita lakukan pengamanan. Yaitu pengamanan di lokasi-lokasi perumahan, di daerah seluruh Indonesia," kata Argo.

BACA JUGA: Cek BIOGRAFI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait