Menpora Diminta Perhatikan Bulu Tangkis Sebagai Olahraga Prestasi | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Kompas

Menpora Diminta Perhatikan Bulu Tangkis Sebagai Olahraga Prestasi

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Presiden berpesan agar Zainudin memperhatikan salah satu olahraga yang paling dicintai masyarakat Indonesia, sepak bola.

“Bapak Zainudin Amali Menpora. Sepak bolanya, Pak,” kata Presiden saat memperkenalkan para menteri di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10).

Sah-sah saja presiden meminta perhatian khusus kepada Menpora terhadap olahraga rakyat itu. Meski demikian, Zainudin juga tak boleh lupa bahwa ada olahraga prestasi lainnya, bulu tangkis. Ya, olahraga tepok bulu ini ialah satu-satunya cabang yang mampu menyumbangkan emas untuk Merah Putih di ajang kompetisi tertinggi olahraga, Olimpiade.

Sekjen Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Achmad Budiharto pun berharap agar Menpora baru memberi perhatian khusus untuk bulu tangkis. Apalagi, saat ini Olimpiade Tokyo 2020 sudah di ambang pintu.

Sumber: Antara

“Pertama-tama, kami mengucapkan selamat bertugas kepada Menpora yang baru dilantik hari ini. Kepada Menpora baru, kami berharap agar olahraga bulu tangkis mendapatkan perhatian atau bantuan khusus,” kata Budi seperti dilansir Antara, Rabu (23/10).

Sebagai olahraga prestasi, pembinaan bulu tangkis perlu perhatian serta bantuan khusus, baik dalam hal dana maupun anggaran. Pemerintah juga diharapkan turut aktif membangun infrastruktur olahraga, baik berupa fasilitas latihan fisik ataupun sarana penunjang lainnya.

“Perhatian atau bantuan khusus itu bisa berupa peralatan seperti shuttlecock, peralatan latihan fisik dan juga anggaran. Kalau anggaran bisa digunakan untuk try out, nutrisi sekaligus vitamin atlet, karena nutrisi dan vitamin-vitamin atlet itu harganya lumayan mahal,” ucap Budi.

Baca Juga: Praveen/Melati Juara di Denmark, Ibarat Robohkan Tembok China

Sebagai Menpora yang baru, ujian terdekat Zainudin ialah mempersiapkan SEA Games Filipina 2019 yang akan berlangsung 30 November hingga 11 Desember. Sementara Olimpiade Tokyo 2020 akan berlangsung pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020.

“Terutama menjelang Olimpiade 2020, kami berharap Menpora bisa memberikan perhatian kepada cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Olimpiade itu nanti, termasuk bulu tangkis. Apalagi bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang prestasinya sudah mendunia,” kata Budi.

Senada dengan Budi, pelatih kepala ganda putra PBSI Herry Iman Pierngadi juga berharap agar Menpora baru bisa mengalokasikan anggaran khusus cabang olahraga bulu tangkis. Hal ini demi membantu operasional Pelatnas Cipayung, yang tentunya harus ditinjau secara bertahap.

Sumber: Istimewa

“Pelatnas-pelatnas cabang olahraga harus ditinjau secara bertahap, jangan hanya di awal menjabat saja. Dana olahraga juga ditingkatkan dan kesejahteraan para pelatih juga harus diperhatikan,” ucap pelatih yang sudah berada di Pelatnas sejak tahun 1993 itu.

Herry tak bermaksud agar bulu tangkis dianak-emaskan. Ia juga menilai pemerintah seharusnya memperhatikan cabang-cabang andalan lain. Anggaran olahraga itu sejatinya disesuaikan dengan kebutuhan dan prestasi masing-masing cabang. Hal ini diharapkan juga turut memajukan cabang-cabang olahraga yang selama ini belum berprestasi.

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait