Menteri Teten Mau Revitalisasi dan Ubah Konsep Sarinah | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Sarinah.co.id

Menteri Teten Mau Revitalisasi dan Ubah Konsep Sarinah

Ceknricek.com -- Gedung Sarinah yang terletak di Jalan M. H. Thamrin, Jakarta Pusat menjadi salah satu gedung tertua yang masih berdiri tegak di jantung Kota Jakarta itu. Didirikan sejak tahun 1963, pusat perbelanjaan setinggi 15 lantai dan 74 meter itu dinamakan dari nama pengasuh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno.

Terkait dengan keberadaan gedung mal Sarinah itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki berencana untuk merubah konsep bisnis Sarinah, dengan hanya menampilkan produk lokal. Selain itu, Menteri Teten juga ingin agar gedung mal Sarinah direvitalisasi.

"Gedung yang sekarang kan sudah tua, harusnya ditata sesuai dengan gedung tua menjadi desainnya yang heritage dan menarik," ujar Teten Masduki setelah bertemu Menteri BUMN, Erick Thohir di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (5/12) seperti dilansir Antara.

Menteri Teten Mau Revitalisasi dan Ubah Konsep Sarinah
Sumber: Antara

Baca Juga: Supaya Naik Kelas, Kementerian Koperasi dan UKM Siapkan 5 Program Strategis

Teten Masduki mengatakan revitalisasi mencakup perbaikan gedung, manajemen, dan sebagainya. Menkop UKM juga akan akan melakukan kurasi atau seleksi produk-produk UMKM lokal yang akan dipromosikan di mal Sarinah.

Dalam hal ini, Kemenkop UKM berencana untuk menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang memiliki pengalaman bekerja sama dengan UMKM sehingga tahu persis produk-produk apa saja yang berkualitas.

Rencana revitalisasi dan perubahan konsep bisnis Sarinah ini menguak setelah pertemuan antara Menteri Teten Masduki dengan Menteri BUMN Erick Thohir. Teten mengatakan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Sarinah akan menjadi showroom untuk produk-produk UMKM.

Menteri Teten Mau Revitalisasi dan Ubah Konsep Sarinah
Sumber: Antara

"Kami melakukan koordinasi karena ada sinergi BUMN dengan program-program kami, terutama menyangkut pengelolaan Sarinah. Bagaimana Sarinah bisa menjadi showroom bagi semua produk UMKM Indonesia,” ujar Teten Masduki.

Untuk konsepnya apakah ritel atau bebas cukai (duty free), Teten menyebut hal itu masih dalam kajian. Menkop UKM itu juga menambahkan bahwa tak hanya Sarinah yang akan melakukan perubahan konsep. Setelah itu, Kemenkop UKM juga berencana mempromosikan produk-produk lokal Indonesia di bandara agar bisa menarik perhatian wisatawan mancanegara yang datang ke tanah air.

BACA JUGA: Cek AKTIVITAS PRESIDENPersepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait