Foto: Antara

Nadiem Makarim: Murid dan Mahasiswa Harus Merdeka Dalam Belajar


Ceknricek.com -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengemukakan keinginannya agar murid dan mahasiswa memiliki semangat belajar sesuai minat dan kemampuan dan merdeka  dalam melakukan berbagai kegiatan baik di dalam maupun di luar kelas.

"Mahasiswa harus belajar sesuai dengan kemauannya dan ketertarikannya masing-masing. Kita harus lakukan perubahan ini," kata Nadiem saat menyampaikan pidato pada acara pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof. Ari Kuncoro di Kampus UI Depok, Rabu (4/12) seperti dilansir dari Antara. 

Menurutnya, dalam upaya mewujudkan kemerdekaan belajar di jenjang pendidikan terendah sampai perguruan tinggi harus dilakukan perbaikan regulasi dan birokrasi yang perlu dilakukan.

"Dalam lima tahun ke depan tentunya tidak akan nyaman sama sekali untuk berbagai macam institusi pendidikan. Tapi harus lakukan perubahan ini," kata Nadiem.

Baca Juga: Mendikbud: Mendongeng dapat Melatih Imajinasi dan Kreativitas Anak

Sementara itu, mengenai guru dan dosen sebagai penggerak, ia mengatakan hal tersebut adalah hasil turunan dari visi misi Presiden Joko widodo agar para pendidik berusaha mencari ilmu pengetahuan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran di kelas.

“Pendidik tidak akan buang-buang waktu di kelas sehingga ada terus diskusi atau belajar kelompok dan mengerjakan berbagai macam proyek di luar tapi melibatkan mahasiswanya agar mereka mendapat pengalaman yang berbeda," lanjut Nadiem. 

Nadiem berharap agar para guru dan dosen penggerak, justru merasa bangga jika ada murid atau mahasiswa yang kepandaiannya melampaui mereka, bukannya malah merasa terancam.

BACA JUGA: Cek RISET & DUNIA KAMPUS Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: ThomasRizal


Berita Terkait