Naskah Terbaik, 'Jojo Rabbit' Kalahkan 'Joker', 'Parasite' Cetak Sejarah | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Getty Images

Naskah Terbaik, 'Jojo Rabbit' Kalahkan 'Joker', 'Parasite' Cetak Sejarah

Ceknricek.com -- Penulis skenario Jojo Rabbit (2019) Taika Waititi sukses menyabet gelar Academy Awards 2020 untuk kategori Naskah Adaptasi Terbaik (Best Adapted Screenplay).

Penulis asal Selandia Baru itu mengadaptasi naskah berdasarkan novel Caging Skies karya Christine Leunens, sukses mengalahkan nomine lainnya. Mereka adalah Steven Zaillian (The Irishman), Todd Phillips dan Scott Silver (Joker), Greta Gerwig (Little Women) dan Anthony McCarten (The Two Popes).

"Terima kasih kepada ibu saya, karena telah memberikan buku yang akhirnya saya adaptasi sebagai skenario film ini. Film ini tidak akan ada tanpamu," ucap Taika Waititi dalam pidato kemenangannya di Dolby Theater, Los Angeles, Minggu (9/2) atau Senin (10/2) pagi WIB.

Sekadar informasi, Jojo Rabbit sendiri menceritakan kisah satir dari kekejaman Nazi di era Perang Dunia II. Adapun ibu dari Taika Waititi, Robin Cohen adalah seorang Yahudi, kaum yang menjadi korban dari Holocaust.

Sumber: Shutterstock

Sementara itu, sejarah tercipta setelah Bong Joon-ho dan Jin Won-han memenangi kategori Naskah Asli Terbaik (Best Original Screenplay) untuk film Parasite (2019). Ini merupakan gelar Oscar pertama yang dimenangi Korea Selatan.

Baca Juga: Brad Pitt Bawa Pulang Oscar untuk Aktor Pendukung Terbaik

Joon-ho dan Won-han sukses mengalahkan nomine lainnya yakni Rian Johnson (Knives Out), Noah Baumbach (Marriage Story), Sam Mendes (1917) dan Quentin Tarantino (Once Upon a Time in Hollywood).

"Terima kasih, kehormatan yang sangat luar biasa. Menulis skenario selalu merupakan proses yang kesepian. Kami tidak pernah menulis untuk mewakili negara kami, tapi ini soal personal. Saya berterima kasih kepada para aktor yagn bersama saya hari ini dan membuat film ini nyata," ucap Joon-ho.

Parasite juga masuk nominasi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik (Best International Feature Film). Hingga tulisan ini tayang, malam penganugerahan Academy Awards 2020 masih berlangsung dan menyisakan beberapa kategori.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait