Pemprov DKI Kirim Tim ke Chile Pelajari Seluk Beluk Listrik untuk Formula E | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Doc. Anies Baswedan

Pemprov DKI Kirim Tim ke Chile Pelajari Seluk Beluk Listrik untuk Formula E

Ceknricek.com -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya (Disjaya) akan memberangkatkan tim ke Chile untuk mempelajari seluk beluk soal tenaga listrik sebagai persiapan menghadapi balap mobil Formula E, yang dijadwalkan di Jakarta, 6 Juni 2020 mendatang.

"Untuk Formula E, kami sedang cari event sebelum Formula E diselenggarakan di Jakarta, bersama teman-teman Jakpro. Infonya di Cile bulan Februari mungkin kita akan ke sana," kata General Manager PLN Disjaya Ikhsan Asaad di Jakarta, Minggu, (28/10).

Pemprov DKI Kirim Tim ke Chile Pelajari Seluk Beluk Listrik untuk Formula E
Sumber: Tirto

Ikhsan mengatakan pihaknya juga sudah berdiskusi dengan co-founder and Chief Championship Officer of Formula E, Alberto Longo, yang disebutnya akan mengirimkan tim teknis bertemu PLN Disjaya secara resmi untuk memberikan penjelasan.

"Tapi kalau saya baca-baca, mobil listriknya Formula E, baterainya rata-rata 250 KWH untuk satu mobil. Kami paling menguatkan untuk suplai," kata Ikhsan.

Disuplai Gardu Monas

Terkait dengan suplai, Ikhsan menjelaskan bahwa di sekitaran Monas ada gardu listrik untuk menyuplai kebutuhan pergelaran balapan Formula E tersebut. Selain itu menurutnya pihak PLN tidak perlu mempersiapkan peralatan pengisian daya bagi mobil balap itu.

"Di Monas ini kan ada gardu, tinggal tarik kabelnya saja, peralatan charging-nya juga dia bawa sendiri kita tinggal siapkan gardunya tinggal tarik kabel aja," ujar Ikhsan.

Pemprov DKI Kirim Tim ke Chile Pelajari Seluk Beluk Listrik untuk Formula E
Sumber: Inilah.com

Baca Juga: Resmi Jakarta Akan Gelar Formula E di Area Monumen Nasional

Untuk kapasitas daya listrik, Ikhsan mengatakan sangat melimpah dengan 12.000 MegaWatt dengan beban puncak 5.500 megawatt pada siang hari, sehingga dia yakin suplai listrik untuk pergelaran tersebut akan aman.

"Saya kira nggak terlalu susah, Asian Games kemarin saja aman semua pakai listrik PLN. Sekarang semua kegiatan-kegiatan juga tidak pakai genset lagi, pakainya powerbank yang ada 60 unit dan UPS PLN. Kami siapkan itu selain gardu listrik," tutur Ikhsan.

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait