Kredit Foto / Sumber : Pemprov DKI

Pemprov DKI Pantau Penyelenggaraan Pemilu 2019 

Ceknricek -- Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, serta Penyelenggara Pemilu 2019 (KPU dan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta) melakukan monitoring atau pemantauan Tempat Pemungutan Suara (TPS) ke sejumlah TPS di wilayah Ibu Kota Jakarta, Rabu (17/4). Setelah melakukan pemantauan, Anies menegaskan, pelaksanaan Pemilu serentak di wilayah Jakarta berjalan dengan baik. 

Anies menyebut, seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta dan unsur Forkopimda yang ada di setiap TPS pun melaksanakan tugasnya hingga tuntas. 

“Alhamdulillah sejauh ini kita mendengar kabar pelaksanaan berjalan dengan baik, seluruh jajaran kita ada di setiap TPS, 29.000 lebih TPS di Jakarta. Kondisi TPS baik, dan tidak ada keluhan apa-apa. Tadi saya bicara dengan Forkopimda, dari Kepolisian, TNI, BIN Daerah, semua melaporkan kondisinya teduh, tenang, dan nyaman,” ujarnya.

Sumber : Pemprov DKI

Anies turut mengapresiasi antusiasme masyarakat Jakarta dalam memanfaatkan hak pilihnya dengan baik. Diharapkan keseluruhan proses Pemilu serentak di Jakarta dapat berjalan dengan lancar dan tuntas hingga perhitungan suara. 

“Saya tadi mampir di lebih dari 3 lokasi TPS; di Taman Suropati ada empat lokasi, di Lapas Rutan Salemba, dan di Berlan (yang) dikonsentrasikan cukup banyak. Nah, di semua tempat, partisipasinya cukup tinggi. Jadi, kita senang, masyarakat antusias memanfaatkan haknya untuk ikut menentukan para wakil rakyat dan pimpinan negara ini. Kita tunggu hasilnya, semoga sampai tuntas penghitungan, semuanya berjalan dengan lancar,” terangnya. 

Adapun rute Pemantauan TPS dalam Pemilu serentak di Provinsi DKI Jakarta kali ini terdiri dari 3 kawasan. 

Kawasan elit taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, 4 TPS, yaitu TPS 39-42. 

Kawasan Rutan yakni Rutan Salemba, Jakarta Pusat, 8 TPS, yaitu TPS 71-78. 

Kawasan Padat Penduduk yakni di komplek Berlan Matraman, RT 3 / RW 3, Kelurahan Kebon Manggis, Jakarta Timur, 9 TPS, yakni 15, 16, 19, 22, 23, 31, 32, 33 dan 53.

Anies juga turut mengajak masyarakat umum yang telah menggunakan hak pilihnya untuk memanfaatkan tempat-tempat wisata yang dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta bersama keluarga. Terdapat potongan harga hingga gratis tiket masuk sejumlah tempat wisata di bawah kelola Pemprov DKI Jakarta yang dapat dimanfaatkan warga dengan menunjukkan bukti telah mencoblos (tinta ungu pada jari). Di antaranya, Taman Margasatwa Ragunan, Museum, dan Ancol. 

"Tujuannya, semua yang bekerja bisa mencoblos, dan masyarakat pun menggunakan tempat hiburan itu bukan di saat sedang melaksanakan pemilu, karena itu baru dibuka jam 13.00 WIB. Harapannya, semua memanfaatkan kesempatan untuk mencoblos, baru kemudian ke lokasi hiburan,” tutupnya. 



Berita Terkait