Sumber: Detik.com

Pemprov DKI Siapkan Tiga Pasar untuk Pedagang Pasar Senen

Ceknricek.com -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui Perumda Pasar Jaya menyiapkan tiga pasar untuk pedagang buangan dari Pasar Senen. Direktur Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, ketiga pasar tersebut adalah Pasar Kenari, Pasar Metro Atom, dan Pasar Baru, Jakarta Pusat, sebagai lokasi alternatif bagi pedagang pakaian bekas Pasar Senen.

Arief menjelaskan, pemilihan Pasar Atom sebagai lokasi alternatif sesuai arahan Wali Kota Jakarta Pusat dan keinginan pedagang baju bekas.

"Nanti kios di Pasar Metro Atom akan direnovasi sebab kondisi kios sekarang besar-besar. Setelah di renovasi dapat menampung 104 pedagang," ujar Arief, Senin (2/12).

Menurut Arief, Pasar Metro Atom sudah terbilang cukup ramai, karena banyak pedagang tematik yang berjualan di sana, sehingga para pedagang tidak perlu khawatir sepi pembeli.

Bahkan nantinya para pedagang dapat mengontrak kios yang ada tanpa harus membeli. Perumda Pasar Jaya juga akan memberikan gratis biaya sewa selama enam bulan ke depan setelah penempatan.

"Setelah menempati akan diberikan free untuk sewa selama enam bulan, setelah enam bulan bisa menyewa baik bulanan maupun tahunan. Yang penting kepastian dahulu dari pedagang," katanya.

Enggan Direlokasi

Pedagang pakaian bekas yang berada di samping fly over Jalan Stasiun Senen, Jakarta Pusat enggan direlokasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Alasannya, takut barang dagangan mereka tak laku saat dipindahkan ke lokasi yang baru.

"Karena memang segmen pakaian bekas, orang-orang tahunya cuma di Pasar Senen ini. Kalau pindah otomatis gulung tikar. Kalau dipindahkan ya pedagang di sini menolak," kata Dahlan, Ketua Asosiasi Pedagang Jakarta Raya-Pasar Senen seperti dikutip Medcom.id

Baca Juga: Pemprov DKI Segera Bangun 2 Bioskop Rakyat di Senen dan Pasar Baru

Menurut Dahlan, ia bersama para pedagang merupakan korban kebakaran Pasar Senen yang terjadi pada 2017. Mereka menjajakan dagangannya di pinggir jalan lantaran tak lagi memiliki lahan. Sebenarnya mereka sudah meminta direlokasi ke Blok 3 Pasar Senen. Namun selama tiga tahun tak ada kejelasan permohonan pedagang itu dari Pemprov DKI.

"Kita sudah komunikasi ke Pemprov, saya juga sudah ke Pak Sandiaga Uno waktu masih jadi wakil gubernur. Sampai ketemu pak Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta) terus diserahkan ke stafnya pak Alvin, sudah enggak ada lanjutannya," ujar Dahlan yang juga berdagang pakaian bekas.

Dahlan menjelaskan, para pedagang diberi dua pilihan relokasi, antara Pasar Kenari dan Pasar Baru. Dahlan mengklaim, beberapa pedagang sempat berdagang di kedua lokasi itu namun jarang pembeli.

"Kami orang Senen, mintanya ditempatkan di sini saja. Karena mata pencaharian kami di sini," ujar Dahlan.

Dahlan mengaku tak gentar bila harus direlokasi paksa. Pedagang bakal bertahan.

Di lokasi, beberapa tulisan penolakan relokasi juga menghiasi sisi lapak pedagang. Selain itu, para pedagang berencana menggelar aksi ke Balai Kota DKI. Rencana ini sekaligus bentuk protes berkaitan dengan permohonan relokasi ke Blok 3 yang tak kunjung diindahkan Pemprov DKI.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: ThomasRizal


Berita Terkait