Polisi Akhirnya Putuskan Lucinta Luna Berjenis Kelamin Perempuan | Cek&Ricek
Foto: Detik.com

Polisi Akhirnya Putuskan Lucinta Luna Berjenis Kelamin Perempuan

Ceknricek.com -- Lucinta Luna boleh bernapas lega. Setelah terlunta-lunta akibat ketidakjelasan jenis kelamin, pihak kepolisian akhirnya memutuskan selebgram pemilik nama asli Muhammad Fatah alias Ayluna Putri alias Lucinta Luna itu berjenis kelamin perempuan.

Penegasan tersebut itu disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Kamis (13/2). 

"Putusan pengadilan sudah menyatakan bahwa yang bersangkutan, pertama menerima permohonan dari pemohon untuk perubahan jenis kelamin dari laki-laki menjadi seorang wanita dengan nama yang lama adalah MF menjadi AP," katanya.

Polisi Akhirnya Putuskan Lucinta Luna Berjenis Kelamin Perempuan
Sumber: Antara

Yusri mengatakan bahwa penyidik Polres Metro Jakarta Barat sudah menerima salinan putusan tersebut, Rabu (12/2) malam. Ia menambahkan, atas dasar surat keputusan pengadilan tertanggal Desember 2019 itulah Lucinta mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan keterangan jenis kelamin perempuan.

Baca Juga: Setelah Diperiksa di Lab BNN, Lucinta Luna Ditahan di Sel Khusus Polda Metro Jaya

Terkait paspor Lucinta yang mencantumkan jenis kelamin laki-laki, Yusri mengatakan paspor tersebut adalah paspor lama dan sudah ada paspor baru dengan keterangan perubahan jenis kelamin menjadi perempuan.

"Paspor adalah laki-laki, memang betul, karena kemarin yang diserahkan ke kita paspor yang lama. Tapi setelah keluar putusan pengadilan dengan kekuatan hukum yang tetap, dia sudah membuat lagi paspor yang baru dengan jenis kelamin perempuan," ujarnya.

Minta Maaf

Lucinta saat ini masih menjalani penahanan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya, namun bisa saja yang bersangkutan dibawa ke Polres Jakarta Barat untuk keperluan penyidikan. Ia ditahan di sel tersendiri di blok wanita.

Lucinta diancam Pasal 112 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dan Pasal 60 ayat (1) sub huruf Pasal 62 juncto Pasal 71 ayat (1) UU RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang psikotropika dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

Polisi Akhirnya Putuskan Lucinta Luna Berjenis Kelamin Perempuan
Sumber: Grid

Dalam konferensi pers di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (13/2), Lucinta menyesali perbuatannya. Tampil modis dengan gaya rambut cornrow, topi hijau dan baju tahanan warna oranye, sambil terisak ia menyampaikan permohonan maaf.

"Saya meminta maaf kepada semua masyarakat Indonesia, dengan tekanan batin saya seperti ini saya melakukan kesalahan yang sangat fatal, yang bisa merugikan diri saya sendiri," ujarnya.

Sehari sebelumnya, Lucinta mengenakan wig berwarna pirang dengan setelan bernuansa krem dan topi hijaunya. Ia juga meminta maaf kepada rekan sesama selebritis, keluarga dan teman-temannya atas kejadian yang menimpanya.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait