Positif COVID-19, Anies: Siapa Saja yang Kontak Erat Harap Lakukan Tes Usap | Cek&Ricek
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (beritajakarta.go.id)

Positif COVID-19, Anies: Siapa Saja yang Kontak Erat Harap Lakukan Tes Usap

Ceknricek.com -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau siapa saja yang pernah kontak erat dengannya selama beberapa hari terakhir melakukan tes usap PCR atau isolasi mandiri.

Imbauan itu disampaikan Anies Baswedan melalui video yang dikirim kepada awak media di Jakarta, Selasa, (1/12/20) setelah dirinya dinyatakan positif COVID-19.

“Bagi siapa pun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari ini, silakan langsung hubungi puskesmas terdekat untuk menjalani tes usap,” ujarnya.

Untuk memudahkan proses penelusuran (tracing) pihaknya menugaskan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk mendata dan mencatat semua kontak erat. Seluruh prosedur penanganan akan dilakukan secara transparan.

“Dan tim tracing dari dinkes juga akan mendata, akan dicatata semua, dihubungi semua kontak erat dan seluruh prosedur terkait akan dijalankan,” katanya.

Penelusuran kontak erat juga akan dilakukan terhadap pegawai di Balai Kota DKI Jakarta dan keluarga dekat Gubernur Anies. Saat ini, semua kontak erat baik di kantor maupun keluarga telah dilakukan tes usap PCR.

Klik video untuk tahu lebih banyak - SOSIALISASI 3M DARI HARRY

“Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi,” jelasnya.

Selama empat belas hari ke depan, Anies akan menjalani isolasi mandiri dan semua kegiatan yang berkaitan dengan tugas serta tanggung jawab sebagai gubernur dilakukan secara virtual.

“Saya berkonsultasi dan sesuai arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” cetusnya.

Anies Baswedan secara khusus mengimbau warga DKI Jakarta untuk semakin patuh 3M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Mohon doanya agar bisa segera kembali sembuh dan semoga Allah SWT melindungi kita semua dan merahmati kota Jakarta,” pungkasnya.

Baca juga: Terpapar COVID-19, Gubernur Anies akan Jalani Isolasi Mandiri

Baca juga: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Positif COVID-19


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait