Resep Odading: Kuliner Khas Jawa Barat yang Viral di Media Sosial | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Resep Odading: Kuliner Khas Jawa Barat yang Viral di Media Sosial

Ceknricek.com -- Odading merupakan kuliner khas Jawa Barat, dikenal juga dengan sebutan kue bantal di Jakarta. Sementara Odading di daerah Malang disebut dengan Roti Goreng dan di Semarang atau Yogyakarta sebutannya adalah Bolang-Baling.

Odading merupakan panganan berbahan tepung yang digoreng berbentuk kotak menggembung dan rasanya manis. Kudapan ini pun bisa dibuat di rumah dengan bahan yang sederhana dan cara yang mudah.

Odading sempat viral di media sosial sejak video penjualnya bernama Mang Soleh yang dipromosikan oleh Ade Londok melalui akun twitter @Hallucinate. Dengan kata-kata kasar ditambah nada yang ngegas, roti goreng khas Kota Bandung yang disebut Ade sebagai Odading Mang Oleh ini pun semakin ramai diperbincangkan di media sosial.

Baca juga: Menilik Asal Usul Tahu Gejrot

Odading Mang Oleh sendiri dijual di Jalan Baranangsiang, Bandung. Melalui video yang viral tersebut, Ade mengatakan, jika makan Odading Mang Oleh, maka tubuh bisa terasa seperti Iron Man.

Bahan-bahan Odading Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep kue odading seperti dikutip dari situs Palmia:

-250 gr Tepung terigu

-100 gr kentang matang

-haluskan 150 gr Gula pasir

-2sdm butter margarine

-1 butir Kuning telur

-1 sdm Ragi instan

-1 sdm Susu bubuk

-1 sdt Baking powder

-1/2 sdt Garam

-1/2 sdt Vanili

-Bubuk wijen secukupnya

-Air secukupnya

Cara Membuat Odading

Sementara untuk membuat Odading atau kue bantal, dilakukan dengan cara di bawah ini:

1. Campurkan tepung, gula pasir, ragi, susu bubuk, baking powder dan vanili. Lalu Aduk rata.

2. Masukkan kentang, kuning telur, butter margarine (mentega), garam dan ragi instan. Kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit hingga jadi adonan kalis.

3. Biarkan adonan kurang lebih 45 menit dan tutup dengan lap basah di atas wadahnya.

4. Setelah adonan mengembang, tipiskan dan potong-potong sesuai selera. Basahi permukaannya dengan air dan gulung ke dalam wijen Biarkan adonan yang sudah dibentuk 10 menit lagi agar mengembang.

5. Goreng dalam minyak hingga tenggelam dengan api kecil hingga kecokelatan dan matang. Jangan terlalu sering dibolak balik agar tidak menyerap banyak minyak.

6. Odading siap disajikan dan disantap.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait