Foto: Wikipedia

Sejarah hari Ini: Kediktatoran Thanom dan Pemberontakan Mahasiswa Thailand 

Ceknricek.com -- Tahun 1973 di Negeri Gajah Putih, Thailand. Tepat hari ini, 46 tahun lalu, sekitar 100.000 mahasiswa di Thammasat University Thailand melakukan pemberontakan terhadap pemerintahan diktator mereka: Thanom Kittikachorn.

Aksi yang dilakukan untuk menggulingkan Perdana Menteri ini berhasil membuat Thanom meletakkan jabatannya dan menjalani pengasingan. Namun, peristiwa ini juga merenggut 77 nyawa masyarakat sipil dan ratusan orang cedera yang diakibatkan oleh tentara Kerajaan Thailand. 

Negeri Gajah Putih di Era Thanom 

Sejarah mencatat Thailand merupakan sebuah negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki "hobi" kudeta militer. Sejak Revolusi Siam pada 1932 yang menjatuhkan Raja Prajadhipok dengan kekuasaan monarki absolutnya, hingga 2014 setidaknya tercatat 11 kali kudeta. 

Thanom Kittikachorn juga lahir dan dibesarkan dalam iklim tersebut. Lelaki kelahiran 11 Agustus 1911 ini mulai berkibar namanya stelah membantu Sarit Thanarat (Komandan AD pertama Thailand) menggulingkan pemerintahan Phibunshongkram pada tahun 1957.