Soal Penyebaran Virus Covid-19,Ini Kajian BMKG dan Tim Mikrobiologi UGM | Cek&Ricek
Foto : Istimewa

Soal Penyebaran Virus Covid-19,Ini Kajian BMKG dan Tim Mikrobiologi UGM

Soal Penyebaran Virus Covid-19,Ini Kajian BMKG dan Tim Mikrobiologi UGM

Ceknricek.com --Penyebaran virus corona alias Covid-19, terkait erat dengan cuaca dan iklim di suatu negara. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, membuka kajian yang telah dilakukan pihaknya, bekerjasama dengan tim dari Universitas Gadjah Mada. Hasil kajian itu telah diserahkan pada presiden dan beberapa kementerian terkait.

Menurut Dwikorita, negara-negara dengan lintang tinggi cenderung mempunyai kerentanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara tropis. Kondisi udara ideal untuk virus corona adalah temperatur sekitar 8 - 10 °C dan kelembapan 60-90%. Artinya dalam lingkungan terbuka yang memiliki suhu dan kelembaban yang tinggi merupakan kondisi llingkungan yang kurang ideal untuk penyebaran kasus Covid-19.  

Baca Juga :Kembali, Tiga Dokter Meninggal Terkait Virus Corona

Penelitian itu juga menyebut, Covid-19 mempunyai penyebaran yang optimum pada suhu yang sangat rendah (1 – 9 °C). Artinya semakin tinggi temperatur, maka kemungkinan adanya kasus COVID-19 harian akan semakin rendah. Serupa dengan virus influenza, virus corona cenderung lebih stabil dalam lingkungan suhu udara dingin dan kering. 

Kondisi udara dingin dan kering juga melemahkan "host immunity" seseorang, dan mengakibatkan orang tersebut lebih rentan terhadap virus. Dengan model matematis yang memasukkan kondisi demografi manusia dan mobilitasnya, hasil riset menyimpulkan bahwa iklim tropis dapat membantu menghambat penyebaran virus tersebut.

Baca Juga: WNI Positif Covid-19 di Luar Negeri Capai 210 Orang, 33 Dinyatakan Sembuh

Penelitian itu juga menjelaskan bahwa terhambatnya penyebaran virus dikarenakan kondisi iklim tropis dapat membuat virus lebih cepat menjadi tidak stabil, sehingga  penularan virus corona dari orang ke orang melalui lingkungan iklim tropis cenderung terhambat, dan akhirnya kapasitas peningkatan kasus terinfeksi untuk menjadi pandemik juga akan terhambat.

BACA JUGA: Cek LINGKUNGAN HIDUP, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.                          



Berita Terkait