Sumber: Walt Disney

Tak Masuk Nominasi Film Animasi Terbaik Oscar, Waktunya Frozen 'Let It Go'?

Ceknricek.com -- Ironi pahit harus dirasakan oleh film garapan Walt Disney Pictures, Frozen II (2019). Meskipun meraup pendapatan hingga US$1,3 miliar dan mencetak beberapa rekor box office, Frozen II faktanya tak masuk nominasi Film Animasi Terbaik dalam Academy Awards 2020.

Dalam pengumuman nominasi yang diumumkan pada Senin (13/1) lima nominasi Film Animasi Terbaik adalah How to Train Your Dragon: The Hidden World, I Lost My Body, Klaus, Missing Link dan Toy Story 4. Gagal masuknya Frozen II dalam nominasi Best Animated Feature ini menjadi salah satu kejutan dalam ajang Oscar ke-92 itu.

Hal ini membuat Frozen II gagal mengulang pendahulunya, Frozen (2013) yang saat itu memenangi kategori Film Animasi Terbaik ajang Oscar ke-86, dengan mengalahkan The Croods, Despicable Me 2, Ernest & Celestine dan The Wind Rises.

Sumber: Walt Disney

Frozen I juga memenangi kategori Lagu Asli Terbaik (Best Original Song) untuk lagu Let It Go. Nah, penghargaan kategori serupa ini yang berhasil setidaknya menyelamatkan Frozen II, dimana kali ini lagu Into the Unknown garapan Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez masuk nominasi Best Original Song.

Frozen II sebenarnya mendapatkan respon positif termasuk dari para kritikus. Namun sebagian mengkritisi karena Frozen II dianggap hanya menduplikasi konsep-konsep yang ada dalam film pendahulunya, meski memang ada pengembangan di alur cerita.

Kegagalan Frozen II masuk nominasi Academy Awards 2020 sekaligus menambah pukulan sebelumnya, dimana di ajang Golden Globes 2020 film berdurasi 103 menit ini juga harus dikalahkan dengan film penyandang predikat "Box Office Bomb", Missing Link.

Baca Juga: 'Missing Link', Box Office Bomb yang Sukses Buat Disney Gigit Jari

Nama film terakhir ini memang tidak sukses secara komersial dan menjadi film garapan studio Laika yang mencatatkan kerugian (hanya mendapatkan US$26,2 juta berbanding anggaran US$100 juta). Namun Missing Link dianggap mampu menyajikan konsep baru dengan orisinalitas dan eksperimen mitos hewan Sasquatch alias Bigfoot.

Mengingat kesuksesan rekor box office milik Frozen II, sepertinya Disney tidak menutup kemungkinan akan ada film ketiga dari Frozen. Namun kegagalan Frozen II masuk nominasi kategori Film Animasi Terbaik di Oscar mungkin bisa menjadi pertanda agar Disney sebaiknya merelakan film ini, seperti judul lagu fenomenal Frozen, Let It Go.

Sumber: Walt Disney

Tentunya produksi film animasi terlaris dan terbaik sepanjang sejarah ini tidak ingin membuat salah satu franchise terlaris andalannya menjadi Into the Unknown. Sekadar informasi, Disney (termasuk Pixar) sendiri mendominasi penghargaan Film Animasi Terbaik sejak kategori ini diperkenalkan di Academy Awards 2002.

Lima film non Disney/Pixar yang berhasil memenangi kategori ini adalah Shrek (2002, DreamWorks Animation), Spirited Away (2003, Studio Ghibli), Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit (2006, Aardman), Rango (2012, Nickelodeon) dan Spider-Man: Into the Spider-Verse (2019, Sony).

Kini harapan Disney memenangi kategori ini di tahun 2020 hanyalah bertumpu pada Toy Story 4.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait