“The Lost Daughter” Jadi Debut Penyutradaraan Maggie Gyllenhaal | Cek&Ricek astra-satu-untuk-indonesia
Ilustrasi: Olivia Colman dan Maggie Gyllenhaal/ AP

“The Lost Daughter” Jadi Debut Penyutradaraan Maggie Gyllenhaal

Ceknricek.com -- Maggie Gyllenhaal memilih novel tidak biasa mengenai kehidupan seorang ibu untuk debutnya sebagai sutradara dari film "The Lost Daughter" yang tayang perdana di Festival Film Venesia, Jumat, (3/9/21) waktu setempat.

Dalam film itu, Olivia Colman berperan sebagai Leda, profesor literatur Inggris paruh baya yang berlibur sendirian ke Yunani dan terpaku kepada seorang ibu muda (Dakota Johnson) dan putrinya di pantai yang sama.

Melihat mereka Neruda, akhirnya membuat Leda tenggelam ke dalam konflik emosional sebagai ibu dari dua anak perempuan bertahun-tahun lalu dan keputusan penuh rasa bersalah yang dibuat untuk menjalani hidup.

Skenario ini diadaptasi dari buku Elena Ferrante, nama samaran penulis Italia penuh rahasia yang dikenal lewat novel Neapolitan di mana korespondensinya dengan Maggie hanya lewat surat.

Maggie Gyllenhaal mengatakan ketika pertama kali membaca buku, dia berpikir kondisi batin protagonisnya tercabik, tapi kemudian menyadari bahwa dia bisa memahaminya.

"Saya menyadari bahwa banyak orang mengalaminya dan tidak pernah membicarakannya. Ada kebenaran rahasia tentang pengalaman perempuan," katanya seperti dikutip Reuters.

"Saya akan kaget kalau tahu ada seorang ibu yang tidak pernah berpikir, bagaimana kalau saya pergi?"

Membuat film ini adalah pencerahan untuk aktris peraih nominasi Oscar yang datang dari keluarga sineas dan menikah dengan aktor Peter Sarsgaard, yang juga membintangi film ini.

"Saya pikir saya dari dulu sudah jadi sutradara dan saya hanya merasa tidak berhak mengakuinya sendiri," katanya. "Ini pekerjaan yang lebih baik untuk saya sebenarnya."

Olivia Colman mengatakan dia menikmati prospek bermain sebagai seseorang yang terkadang melakukan sesuatu yang buruk.

"Semua orang ingin menjadi seseorang, tapi ternyata mereka bukan orang seperti itu dan mungkin seperti orang lain," katanya.

"Sangat menarik memainkan karakter yang melakukan sesuatu yang takkan saya lakukan, meski kadang kau memikirkannya."

"The Lost Daughter" adalah salah satu dari 21 film yang bersaing untuk penghargaan tertinggi Golden Lion di festival film Venesia, yang berlangsung hingga 11 September. (Reuters/ Antara).

Baca juga: 'The Lost Daughter' Jadi Debut Sutradara Aktris Maggie Gyllenhaal


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait