Tips Aman Rayakan Imlek Saat Pandemi Covid-19 | Cek&Ricek
Foto: Ilustrasi Tips merayakan Imlek 2021 tetap aman dari penularan virus. (istimewa/SatgasCovid19)

Tips Aman Rayakan Imlek Saat Pandemi Covid-19

Ceknricek.com -- Situasi pandemi Covid-19 membatasi hampir semua kegiatan. Termasuk merayakan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 12 Februari mendatang. Apalagi Kementerian Agama RI sudah mengingatkan untuk melaksanakan perayaan Imlek secara sederhana saja.

Merayakan Tahun Baru Imlek 2572 dalam situasi pandemi Covid-19 tentu dapat dilakukan dengan sederhana, tetap kreatif, dan taat protokol kesehatan. Di laman resminya, Satgas Covid-19 Nasional memberikan sejumlah kiat agar tetap aman dari penularan Covid-19 ketika merayakan Imlek.

Berikut tips aman merayakan Imlek menurut Satgas Penanganan Covid-19:

1. Saat lakukan tradisi bersih-bersih rumah untuk sambut rezeki dan keberuntungan, disarankan untuk sekalian menggunakan disinfektan agar lebih aman dari virus corona penyebab Covid-19.

2. Persiapkan makan malam Tahun Baru Imlek dengan menambahkan menu-menu yang bergizi seimbang.

3. Lakukan tradisi berkunjung ke rumah sanak saudara dan keluarga besar secara virtual. Saat ini cukup banyak pilihan aplikasi yang menyediakan panggilan video untuk dapat bertatap muka.

Klik video untuk tahu lebih banyak - SOSIALISASI 3M DARI SURYOPRATOMO

4. Tradisi kirim angpao bisa memanfaatkan teknologi pengiriman uang elektronik, seperti M-Banking atau dompet digital.

5. Jika melakukan aktivitas di luar rumah selama Imlek berlangsung, ingat untuk disiplin 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun setiap akan menyentuh area wajah.

Imlek tahun ini mungkin dirayakan berbeda dari biasanya. Tetapi memprioritaskan kesehatan dan mencegah penularan Covid-19 tidak akan mengubah makna kebersamaan di saat Imlek.

Perayaan Imlek kali ini juga dapat dijadikan sebuah momentum untuk melakukan refleksi diri sekaligus turut mendoakan agar bangsa Indonesia dapat segera terbebas dari pandemi Covid-19.

Baca juga: Cara Baru Merayakan Tahun Baru Imlek di Tengah Pandemi Covid-19

Baca juga: Makna dan Filosofi Barongsai dalam Perayaan Tahun Baru Imek


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait