Tradisi Unik Merayakan Natal di Berbagai Negara | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Reuters

Tradisi Unik Merayakan Natal di Berbagai Negara

Ceknricek.com -- Setiap negara memiliki cara berbeda untuk merayakan Natal. Di beberapa negara, ternyata Natal dirayakan dengan cara yang unik, yang bahkan sudah menjadi tradisi yang rutin dilakukan.  

Biasanya tradisi tersebut dilakukan setelah pulang dari Gereja. Dilansir The Insider, Minggu (22/12), berikut tradisi unik merayakan Natal di seluruh dunia.

Jepang

Tradisi Unik Merayakan Natal di Berbagai Negara
Sumber: bussinesinsider.com 

Di Jepang, Natal dirayakan dengan cara yang unik dan berbeda dari negara-negara mayoritas Kristen lainnya. Natal sebenarnya dianggap sebagai hari romantis bagi pasangan. Banyak keluarga di Jepang merayakannya dengan sebuah tradisi makan seember ayam goreng di restoran cepat saji bersama keluarga.

Inggris

Dalam merayakan Natal orang-orang di Inggris biasanya akan menggantungkan stocking di kaki tempat tidur mereka. Saat makan malam, mereka menggunakan mahkota yang terbuat dari kertas, dilengkapi dengan kerupuk khas Natal sebagai salah satu jamuan. 

Filipina

Di Filipina dekorasi-dekorasi Natal sudah dimulai sejak bulan September dan euforia liburan akan berlangsung hingga minggu pertama bulan Januari. Banyak orang merapikan rumah mereka dengan lentera kertas yang disebut "parol" dan makan bersama keluarga besar di Noche Buena, atau saat malam Natal.

Polandia

Natal di Polandia dirayakan dengan memberi hadiah dan pelayanan di Gereja. Menyantap ikan mas sebagai hidangan utama di malam Natal. Ada hal unik soal ikan mas. Meskipun kebanyakan orang akan membeli ikan di pasar, namun sebagian orang justru memelihara ikan di bak mandi mereka, beberapa hari sebelum Natal, yang kemudian dimasak. Sisik-sisik dari ikan dianggap sebagai keberuntungan. Menurut NPR tradisi ini juga populer di Republik Ceko, Slovakia, Austria, Jerman dan Kroasia. 

Finlandia

Di Finlandia, salah satu acara paling umum merayakan liburan Natal yaitu pada Hari St. Lucia tanggal 13 Desember. Pada tanggal ini, gadis tertua di setiap keluarga mengenakan jubah putih dan mahkota lilin sebelum melayani keluarganya dengan roti, kue, kopi, atau anggur.

Dan saat malam Natal, banyak keluarga Finlandia mengunjungi sauna untuk bersantai atau pergi ke pemakaman untuk mengingat orang-orang terkasih. Untuk makan siang, makanan tradisional adalah bubur dengan almon yang disembunyikan di dalamnya.

Indonesia

Tradisi Unik Merayakan Natal di Berbagai Negara
Sumber: shutterstock

Di Indonesia biasanya merayakan Natal sehabis kebaktian atau misa, keluarga akan berkumpul di rumah sambil santap malam bersama. Keesokan harinya pada 25 Desember, ada silaturahmi dari rumah ke rumah bersama sanak saudara, sambil makan siang. Beberapa kue Natal yang khas seperti kue kastengel, nastar, putri salju dan aneka kue kering lainnya tersedia di atas meja. 

Kroasia

Banyak keluarga di Kroasia merayakan Natal dengan karangan bunga Advent yang terbuat dari jerami, dengan empat lilin berbeda warna yang melambangkan harapan, kedamaian, sukacita dan cinta. Anak-anak di Kroasia biasanya akan membersihkan sepatu mereka lalu menempatkannya di jendela agar St. Nicholas mengisinya dengan hadiah. Berbeda dengan anak-anak nakal mungkin hanya menerima beberapa ranting emas dari Krampus, si monster nakal.

Yunani

Orang-orang di Yunani biasanya menghadiri kebaktian tengah malam selama liburan. Keluarga juga mungkin menaburkan air suci dari salib yang dibungkus basil untuk mengusir "kallikantzaroi," yang merupakan roh jahat yang merayap masuk ke dalam rumah melalui cerobong asap dan menyebabkan kerusakan. 

Menjaga api menyala selama dua belas hari Natal juga dipercaya merupakan cara yang baik untuk mencegah kallikantzaroi. Tradisi Natal di Yunani juga termasuk hadiah pembuka yang dibawa oleh Santo Basil, memakan baklava, roti berbumbu dan caroling.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait