Ulah Tak Terpuji, Ribuan Noda Permen Karet Mengotori Candi Borobudur | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Ilustrasi sejumlah anak muda membersihkan Candi Borobudur, Sumber: Kemdikbud

Ulah Tak Terpuji, Ribuan Noda Permen Karet Mengotori Candi Borobudur

Ceknricek.com -- Akibat ulah dari para pengunjung yang tidak bertanggung jawab ribuan noda permen karet menempel di batuan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

"Sampai sekarang di seluruh area Candi Borobudur ada sekitar 3.000 noda permen karet yang secara berangsur-angsur kita hilangkan," kata Koordinator Pokja Pengamanan Balai Konservasi Borobudur, Hary Setyawan, di Magelang, Kamis (13/2).

Hary menjelaskan noda permen karet terdapat di stupa teras ataupun stupa induk atau lantai 7, 8, 9 dan lantai 10, jika dilihat secara detail pada lantai atau stupa dengan noda putih-putih bulat.

Ulah Tak Terpuji, Ribuan Noda Permen Karet Mengotori Candi Borobudur
Sumber: Antara

"Perbuatan yang merusak estetika tersebut dilakukan pengunjung yang susah kita kontrol, karena tidak mungkin setiap orang masuk diminta membuka mulutnya untuk diperiksa ada permen karet atau tidak," katanya.

Baca Juga: Cegah Aus, Tangga Candi Borobudur Bakal Dilapisi Kayu

Ia mengatakan petugas yang berjaga di lapangan mungkin bisa mengendalikan tetapi banyak yang sulit terdeteksi.

Hary menyampaikan noda permen karet tidak bisa langsung dihilangkan, disikat dengan air tidak akan hilang karena noda itu mungkin sudah terjadi bertahun-tahun.

Ia menuturkan permen karet itu memang tidak seperti permen biasa karena sudah mengeras, sehingga susah diambil dari tempat melekatnya dan untuk membersihkannya mau tidak mau harus menggunakan pelarut dari bahan kimia.

"Secara mekanik itu sangat susah, disikat dengan air susah sekali dan membutuhkan waktu yang lama, padahal kalau terlalu lama menyikat malah batunya rusak atau aus. Metode menghilangkannya harus hati-hati sekali supaya tidak merusak batunya termasuk jika menggunakan pelarut bahan kimia," katanya.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait