Umat Hindu DKI Rayakan Galungan dengan Protokol Kesehatan | Cek&Ricek
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Umat Hindu DKI Rayakan Galungan dengan Protokol Kesehatan

Ceknrciek.com -- Pandemi Covid-19 tidak menghalangi umat Hindu di Jakarta dan sekitarnya dalam melaksanakan sembahyang Galungan pada hari Rabu (16/9/20). Berbeda dengan tahun sebelumnya, sembahyang kali ini dilakanakan dengan protokol kesehatan.

Salah satu pura yang menyelenggarakan sembahnyang bersama dengan protokol kesehatan adalah pura Mertasari, Rempoa, Tangerang Selatan, Banten.

Dari pantauan Ceknricek di lokasi, Rabu (16/9/20) jumlah orang yang datang tak sepadat hari raya Galungan di bulan Februari 2020. Jumlah orang yang bersembahyang pun juga dibatasai.

Umat Hindu DKI Rayakan Galungan dengan Protokol Kesehatan
Foto: Ashar/Ceknricek.com 

Sebelum masuk ke area pura, setiap pengunjung dicek suhu tubuhnya. Mereka juga data mencuci tangan di dalam pancuran yang sudah disediakan. Selain itu tanda imbauan untuk menjaga jarak juga terpampang di pura.

Baca juga: Antusiasme Perayaan Galungan dan Piodalan di Jakarta

Kendati perayaan hari raya Galungan kali ini lebih sepi dari biasanya, umat Hindu yang datang tetap khusyuk merapalkan doa. Tak lupa mereka juga memaknai Galungan yaitu sebagai hari kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (keburukan).

Hari raya Galungan diperingati setiap 210 hari sekali pada Rabu Kliwon Wuku Dungulan, menurut kalender Bali. Perayaan Galungan akan terus berlanjut hingga hari ke-10 yang diperingati sebagai hari raya Kuningan.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait