Foto: Premierleague.com

United Taklukkan City dalam Derby Manchester

Ceknricek.com -- Manchester United membuktikan diri mereka sebagai penguasa dari kota Manchester, Inggris setelah sukses memenangi derby Manchester dalam lanjutan Premier League 2019/2020 yang digelar Sabtu (7/12) atau Minggu (8/12) dini hari WIB. Bertandang ke Stadion Etihad, markas City, MU menang 2-1.

Manchester City berusaha menguasai pertandingan sejak awal pertandingan. Meski demikian, MU membuka peluang terlebih dahulu lewat Daniel James, yang melakukan tembakan dari tengah kotak, memanfaatkan umpan dari Fred. Bola masih bisa diamankan kiper City, Ederson Moraes.

Menit 7, giliran David Silva dari Manchester City yang memiliki peluang memanfaatkan umpan dari Raheem Sterling. Tembakan kaki kirinya juga masih belum mampu menjebol gawang dari MU. Begitu pula dengan peluang dari Kevin De Bruyne yang masih melebar.

United Taklukkan City dalam Derby Manchester
Sumber: Premierleague.com

MU akhirnya mampu memecah kebuntuan, tepatnya pada menit 23. Gelandang City, Bernardo Silva terpaksa menjatuhkan Marcus Rashford di kotak terlarang. Wasit Anthony Taylor menerima rekomendasi dari VAR untuk memberi MU penalti. Rashford yang maju sebagai algojo, sukses mengecoh Ederson dan membuat MU unggul 1-0.

Baca Juga: Dua Gol Rashford Akhiri "Bulan Madu" Tottenham Bersama Mourinho

Saat City berusaha menyamakan keadaan, Anthony Martial yang baru kembali dari cedera justru mampu mencetak gol kedua The Red Devils, memanfaatkan umpan dari Daniel James di menit 29. Tembakan kaki kirinya sukses menyasar sudut bawah kanan gawang City. Tidak ada gol lainnya hingga turun minum.

United Taklukkan City dalam Derby Manchester
Sumber: Premierleague.com

Babak kedua, City semakin gencar melakukan serangan. Menit 55, tembakan Kevin de Bruyne memanfaatkan umpan Rodrigo belum mampu mengancam gawang United. Begitu pula dengan peluang Rodrigo sembilan menit berselang.

Gol yang ditunggu City baru tercipta di menit 85. Memanfaatkan umpan sepak pojok dari Riyad Mahrez, Nicolas Otamendi sukses menyundul bola dari tengah kotak penalti untuk merobek gawang David de Gea. Sayang, waktu yang tersisa tak cukup bagi City untuk menyamakan keadaan dan United keluar sebagai pemenang di Derby Manchester ke-179 itu.

United Taklukkan City dalam Derby Manchester
Caption

Usai laga, manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer mengaku senang dengan permainan anak-anaknya. Ini sekaligus menunjukkan konsistensi anak-anak United, yang pada pertengahan lalu juga menang atas tim papan atas, Tottenham Hotspur 2-1.

"Kami akan mengingat cara bermain kami hari ini, kami terlihat berbahaya ketika memiliki bola dan berhasil menyerang salah satu tim terbaik di dunia. Sangat sulit merebut bola dari mereka," kata Solskjaer dalam wawancara usai pertandingan.

Sepanjang laga, City memang mampu menguasai penguasaan bola hingga 71,9 persen, berbanding 28,1 persen milik United. Manchester biru juga mampu mencetak 22 tembakan dengan 5 mengarah ke gawang, sedangkan MU hanya mencetak 11 tembakan namun lebih akurat dengan 7 ke arah gawang.

United Taklukkan City dalam Derby Manchester
Sumber: Premierleague.com

"Itu tidak masalah siapa yang memenangi penguasaan bola, namun yang penting Anda bisa memanfaatkannya ketika memilikinya. Permainan tim sangat bagus, secara individual Anda melawan para pemain terbaik di dunia. Ini bagian dari sepak bola," kata Solskjaer.

Sementara itu, manajer City Pep Guardiola tetap memuji permainan anak-anaknya. Sekadar informasi, kekalahan dari MU menjadikan City telah kalah 4 kali hingga pertengahan musim ini, sama dengan jumlah kekalahan yang didapat City sepanjang musim lalu ketika mereka menjuarai liga.

United Taklukkan City dalam Derby Manchester
Sumber: Premierleague.com

Baca Juga: Soal Peluang Juara City, Pep Angkat Tangan

"Ya kami kalah tapi saya harus memberi selamat kepada tim kami. Mereka bermain fantastis, kami adalah tim fantastis. Lawan bermain cepat dan ketika Anda kehilangan bola, akan menjadi lebih sulit. Kami mencoba dan berhasil menguasai dua pertiga lapangan, namun lawan masih memiliki peluang," ucap Guardiola.

"Kami harus tetap melangkah. Musim ini masih banyak pertandingan tersisa. Memang sulit untuk membicarakan peluang juara, mengingat lawan (Liverpool) memenangi 15 dari 16 laga," ujar mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu.

Kekalahan ini membuat City tertahan di peringkat 3 klasemen sementara dengan torehan 32 poin, terpaut 14 poin dari Liverpool yang di pertandingan terakhir menang 3-0 saat bertandang ke Bournemouth. Sementara MU kini masuk 5 besar dengan torehan 24 poin.

United Taklukkan City dalam Derby Manchester
Sumber: Premierleague.com

Di pertandingan pekan 16 lainnya, Tottenham Hotspur sukses menang besar 5-0 dari tamunya, Burnley. Spurs yang kini ditangani mantan manajer MU, Jose Mourinho sukses menguntit MU di posisi 6 klasemen dengan torehan 23 poin. Adapun Chelsea malah kalah 3-1 saat bertandang ke markas Everton, yang membuat posisi mereka di peringkat 4 klasemen kini hanya berjarak 5 poin dari MU.

Susunan Pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson; Angelino, Fernandinho, John Stones (Nicolas Otamendi 59'), Kyle Walker; David Silva, Rodri Hernandez (Ilkay Guendogan 86'), Kevin De Bruyne; Raheem Sterling, Gabriel Jesus, Bernardo Silva (Riyad Mahrez 65').

Manchester United (4-2-3-1): David De Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw (Ashley Young 89'); Scott McTominay, Fred; Daniel James, Jesse Lingard (Axel Tuanzebe 89'), Marcus Rashford; Anthony Martial (Andreas Pereira 74').

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait