Wali Kota Banjarmasin Izinkan Salat Id di Masjid dan Lapangan | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Wali Kota Banjarmasin Izinkan Salat Id di Masjid dan Lapangan

Ceknricek.com -- Wali Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan H Ibnu Sina tidak melarang masyarakat yang ingin melaksanakan shalat Idul Adha 1441 Hijriah secara berjamaah, baik di masjid maupun di lapangan. Kendati demikian dia meminta untuk menerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Hanya saja masyarakat yang melaksanakan shalat id diimbau agar semua menaati protokol kesehatan, sebab penyebaran Covid-19 belum reda," katanya di Banjarmasin, Kamis (30/7/20).

Ibnu mengatakan seperti salat Jumat berjamaah yang sudah dilaksanakan selama ini, maka alat Idul Adha juga demikian, yakni mematuhi protokol kesehatan.

Ibnu meminta masyarakat untuk tidak meremehkan penyebaran virus korona jenis baru penyebab Covid-19. “Kalau tidak semua waspada, maka akan menjadi bencana bagi semuanya,” kata Ibnu.

Baca juga: Dewan Masjid Indonesia Imbau Sterilisasi Masjid Sebelum Salat Idul Adha

Ibnu juga meminta tempat pelaksanaan shalat berjamaah Idul Adha agar mengikuti imbauan menjaga jarak, baik di masjid maupun di lapangan.

”Bawa sajadah sendiri, sebelum masuk masjid atau datang ke lapangan mencuci tangan dan memakai masker, jadi sama-sama menjaga," katanya.

Dia meminta pihak panitia pelaksanaan shalat berjamaah Idul Adha juga membaca panduan dari Kementerian Agama dalam melaksanakan ibadah berjamaah yang aman dari Covid-19.

Termasuk juga, kata dia, pelaksanaan ibadah berkurban, di mana juga harus mengikuti anjuran protokol kesehatan.

"Kalau bisa dalam pelaksanaannya tidak membuat kerumunan banyak orang, bahkan kalau membagi daging kurban, baiknya langsung diantar ke rumah warga," ujarnya.

Ibnu juga meminta agar wadah daging kurban juga jangan menggunakan kantong plastik, tapi wadah ramah lingkungan, misalnya dengan "bakul purun".

"Sebab daerah kita jadi percontohan daerah lain yang berhasil mengurangi sampah kantong plastik, khususnya tidak lagi ada di toko dan pasar moderen," tambah Ibnu. (Antara)

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait