Foto: Antara

Warga Papua Nugini Ingin Menjadi Warga Negara Indonesia

Ceknricek.com -- Seratusan warga negara tetangga, Papua Nugini (PNG) mengutarakan keinginan untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Mereka yang ingin mengubah kewarganegaraan ini adalah warga PNG yang berada di sekitar Kabupaten Merauke dan Boven Digul. Selama ini, mereka berkebun di wilayah Indonesia karena tinggal di perbatasan.

“Keinginan itu sudah lama mereka sampaikan karena saat ini bekerja di sejumlah perkebunan yang ada di kedua wilayah,” ungkap Kepala Perbatasan Merauke Rekianus Samkakai di Jayapura, Kamis (17/10) seperti dilansir Antara.

Rekianus menjelaskan, permintaan warga negara PNG untuk pindah kewarganegaraan sudah disampaikan saat pertemuan antara pejabat perbatasan RI-PNG setingkat Border Liaison Officers Meeting (BLOM) yang berlangsung di Jayapura.

Warga Papua Nugini Ingin Menjadi Warga Negara Indonesia
Sumber: Antara

Warga Negara Papua Nugini tersebut banyak yang bekerja di perusahaan kelapa sawit yang beroperasi di Merauke dan Boven Digul. Beberapa alasan keinginan berubah kewarganegaraan antara lain karena sudah menikah dengan WNI dan ingin meningkatkan kesejahteraannya. Kepala Perbatasan Merauke mengaku, mereka tidak ingin kembali ke negaranya dan tetap ingin menjadi WNI.

“Rata-rata warga negara PNG yang ingin jadi WNI adalah penduduk yang tinggal di perbatasan RI-PNG dan berkebun di wilayah RI karena itu hak ulayat mereka,” kata Rekianus.

Warga Papua Nugini Ingin Menjadi Warga Negara Indonesia
Sumber: Antara

Baca Juga: Ironi Ekonomi Papua

Sejak Rabu (16/10) sudah terjadi pembahasan BLOM antara Indonesia-Papua Nugini di Jayapura. Kepala Biro Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Pemprov Papua, Suzana Wanggai mengatakan kegiatan yang akan berlangsung hingga Kamis (17/10) akan membahas 10 agenda antara delegasi kedua negara.

Sepuluh agenda yang dibahas di antaranya, masalah administrasi perbatasan, pengawasan lintas batas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw-Wutung, kewarganegaraan, dan kerja sama ekonomi perbatasan RI-PNG. Di bidang ekonomi, delegasi RI akan menanyakan tentang kapan realisasi pembelian beras dari Merauke, mengingat beberapa pengusaha PNG sudah pernah melihat langsung kawasan penghasil beras. 

BACA JUGA: Cek HEADLINE Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: NadiaNabillah


Berita Terkait