Yoona SNSD Dapat Perlakuan Rasis di Festival Film Cannes 2024 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Yoona SNSD Dapat Perlakuan Rasis di Festival Film Cannes 2024

Ceknricek.com -- Yoona SNSD diduga telah mengalami diskriminasi oleh salah satu petugas keamanan saat menghadiri acara Festival Film Cannes 2024, membuat penggemar geram.

Mengutip dari KBIZoom pada Selasa (28/5/24), Yoona menghadiri Festival Film Cannes ke-77 pada 21 Mei lalu sebagai satu-satunya brand ambassador perhiasan Qeelin.

Tampil dalam balutan gaun berwarna pink, ia bersinar di festival tersebut dengan tatanan rambutnya yang rapi dan penampilannya yang berseri-seri.

Namun, Yoona dikabarkan mendapat perlakuan kasar dari petugas keamanan pada hari itu. Dalam video yang beredar tentang kejadian tersebut, Yoona terlihat mencoba berpose di hadapan pers sambil menaiki tangga.

Pada saat itu, seorang penjaga keamanan menghadang Yoona dengan tangannya, mencegahnya berpose. Meskipun Yoona terlihat sangat terkejut, ia tetap tersenyum dengan tenang dan melambai, tapi penjaga keamanan tidak mengizinkannya.

Petugas keamanan kemudian memberi isyarat kepada Yoona untuk segera memasuki venue, dan akhirnya Yoona masuk dengan ekspresi kecewa. Menurut media, reaksi Yoona tampak tenang, tapi ia jelas terlihat tidak nyaman.

Petugas keamanan wanita itu tak hanya menunjukkan diskriminasi pada Yoona saja. Media mengklaim bahwa penjaga keamanan hanya menunjukkan kontrol berlebihan terhadap perempuan kulit berwarna. Sebaliknya, perempuan kulit putih diperbolehkan berpose di tangga yang sama tanpa gangguan apa pun.

Selain Yoona, penyanyi Afrika-Amerika Kelly Rowland juga menghadapi diskriminasi serupa saat menghadiri Festival Film Cannes pekan lalu. Aktris Dominika Massiel Taveras dikabarkan juga mengalami perlakuan diskriminatif.

Video yang diunggah di platform media sosial X (sebelumnya Twitter) menjadi viral, menunjukkan Kelly Rowland mendorong penjaga keamanan wanita dan melakukan protes keras. Selain itu, Massiel Taveras terlihat berdebat dengan petugas keamanan saat mencoba memamerkan gaunnya.

Bahkan, Massiel Taveras secara langsung menulis keluhan di Instagram-nya, “Saya didiskriminasi secara rasial di Festival Film Cannes. Seorang penjaga keamanan mendorong saya dan menggunakan kata-kata kasar.”

Banyak penggemar dan netizen yang geram dengan diskriminasi rasial yang dilakukan terang-terangan tersebut. Mereka menuntut pemecatan terhadap petugas keamanan dan memastikan hal ini tidak terulang kembali.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait