Sumber: Tribunnews

5 Fakta Tentang Menara Saidah 

Ceknricek.com -- Menara Saidah kembali jadi sorotan. Gedung yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto Jakarta itu, Selasa (1/10), bahkan jadi trending topic di Twitter. Bangunan 28 lantai yang pada 2001 diresmikan sebagai perkantoran itu, sejak 2007 ditutup untuk umum karena miring beberapa derajat hingga dianggap membahayakan keselamatan para penghuni gedung.

Akun @jtuvanyx membagikan video dengan suasana gedung yang terlihat gelap. Video tersebut di-retweet dan disukai, namun kemudian  mendadak hilang

"Wakz! Perihal twitku tentang Menara Saidah, ada beberapa yang lapor twitnya hilang. Aku udah cek beberpa kali, ternyata beneran hilang padahal enggak diapa-apain,” tulis @jtuvanyx. 

“Ada yang tahu enggak ya kenapa bisa gitu? Kata temenku sih bisa jadi itu terkait kisah mistis Menara Saidah, mungkin ada yang enggak suka jadi viral," tambahnya. 

Apa yang terjadi dengan Menara Saidah? Berikut 5 fakta tentang bangunan yang dihiasi patung-patung bernuansa Romawi yang bahkan diimpor dari Italia itu.

Sumber: Istimewa

Milik keluarga suami Inneke Koesherawati

Menara Saidah merupakan milik keluarga suami Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawansyah. Ia adalah putra Abu Bakar Ibrahim, pemilik Menara Saidah. Inneke pun pernah menggunakan gedung tersebut untuk acara buka bersama artis. 

Baca Juga: Sejarah Hari Ini: Mengenang Tragedi Semanggi II

Gedung yang terlihat miring

Menara Saidah kerap jadi perbincangan hangat lantaran disebut-sebut miring beberapa derajat. Sejak awal dibangun (1995), konstruksinya dinilai bermasalah. Tetapi, sejauh ini tidak ada dari pihak gedung maupun Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) memberikan keterangan resmi.

Sumber: Istimewa

Gedung berkonsep romawi

Desain Menara Saidah berkonsep romawi. Nuansa ini terlihat dari bentuk dan dekorasi patung Julius Caesar dan singa yang menghiasi area fountain serta lobi. Pilar-pilar berwarna hijau serta atap lobi gedung ini memberikan kesan Romawi yang megah dan kokoh. 

Ditutup tahun 2007

Pada tahun 2007 gedung yang memiliki 28 lantai ditutup. Dikabarkan penutupan bangunan ini karena pondasinya tidak tegak dan membahayakan keselamatan penghuninya. Tapi dari pihak pengelola Menara Saidah membantah sinyalemen itu. Saat itu tersiar kabar gedungnya dikosongkan untuk disewakan secara keseluruhan.

Sumber: Motoplus

Beragam cerita mistis

Menara Saidah telah kosong selama bertahun-tahun belakangan  menyisakan beragam cerita mistis. Pada 2015 gedung ini dijadikan lokasi syuting film horor Menara Stasiun Cawang. Saat proses syuting aktris maupun aktor yang terlibat mengaku mendengar suara-suara aneh saat berada di dalam gedung.

BACA JUGA: Cek HEADLINE Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait