Bandara Halim Dipadati Penumpang Liburan Sekolah dan Nataru | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Antara

Bandara Halim Dipadati Penumpang Liburan Sekolah dan Nataru

Ceknricek.com -- Pengelola Bandara Internasional Halim Perdanakusuma memprediksi adanya lonjakan penumpang dalam beberapa hari ke depan, karena faktor liburan sekolah yang sudah dimulai untuk periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

"Berdasarkan data dan komparasi dengan tahun sebelumnya, memang terjadi lonjakan di H-7 atau H-5, sehubungan dengan adanya libur anak sekolah," ujar Erick Arrachman, Officer in Charge (OIC) Bandara Halim Perdanankusuma seperti dikutip Antara, Minggu (22/12).

Meski demikian, menurut data yang dimiliki oleh posko terpadu Angkasa Pura II yang ada di Halim, hingga Sabtu (21/12) malam terdapat 12.078 penumpang yang berangkat dari bandara tersebut. Angka ini turun dari 12.994 penumpang yang berangkat dalam periode yang sama tahun lalu.

Begitu pula dengan kedatangan, sampai dengan Sabtu tengah malam terdapat 10.848 penumpang yang tiba di Jakarta melalui Halim Perdanakusuma, turun dari 11.893 penumpang pada tahun lalu. Dengan demikian, total penumpang yang menggunakan Bandara Halim Perdanakusuma pada Sabtu mencapai 22.926 penumpang, atau turun dari 24.887 penumpang dari periode yang sama H-4 pada tahun lalu.

Baca Juga: Tarif Bus Damri Bandara Soetta Naik Mulai Hari InI

Angkasa Pura II sendiri memperkirakan pada Minggu (22/12) atau H-3 dari Natal akan terjadi kenaikan penumpang baik yang tiba ataupun berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma. Angkanya diperkirakan mencapai 24.475 penumpang.

Untuk mengantisipasi puncak kesibukan, pihak pengelola bandara sudah juga menambah aparat keamanan dari TNI Angkatan Darat sebanyak 48 personel.

"Dua minggu sebelum libur Natal dan Tahun Baru, kita telah tambah postur keamanan. Ada total 48 personel TNI AU disiagakan dan ditambah personel Avsec sebesar 141 personel," ujar Kolonel Pnb TNI Nandang Sukarna, Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma.

BACA JUGA: Cek JURNALISTIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait