Sumber: AFP

Barcelona Menang Tipis dalam Debut Pelatih Baru

Ceknricek.com -- Barcelona menang 1-0 atas tim tamu Granada dalam lanjutan La Liga (Liga Spanyol) 2019/2020, Minggu (19/1) atau Senin (20/1) dini hari WIB. Pertandingan yang digelar di Nou Camp itu juga menandakan debut perdana Quique Setien sebagai pelatih El Barca.

Setien menggantikan Ernesto Valverde usai kekalahan 2-3 Barcelona dari Atletico Madrid di ajang Piala Super Spanyol. Sebelumnya, pelatih berusia 61 tahun itu juga sempat dihubungkan dengan Barca pada Januari 2019.

Baca Juga: Xavi: Masih Terlalu Dini untuk Melatih Barca

Debut Setien sebagai nahkoda anyar Blaugrana sebenarnya tak terlalu impresif. Mereka perlu waktu lebih dari sejam untuk mencetak gol pertama. Itu juga dalam kondisi setelah pemain tim tamu, German Sanchez diusir wasit pada menit 69 setelah mendapatkan kartu kuning kedua.

Dua menit sebelumnya, Granada bahkan hampir merusak debut Setien dengan peluang berbahaya yang mereka ciptakan pada menit ke-67 lewat sebuah serangan balik. Beruntung, tembakan Yan Eteki masih membentur tiang gawang.

Lionel Messi akhirnya mencetak gol semata wayang dalam laga itu di menit 76. Berawal dari umpan terobosan Antoine Griezmann kepada Arturo Vidal, gelandang Cili itu mengirim umpan dengan tumitnya kepada Messi. Tanpa ampun La Pulga menggunakan sisi kakinya untuk menjebol gawang kiper Rui Silva yang sudah mati langkah.

Sumber: AFP

Setelah kebobolan gol Messi dan kondisi sudah tertinggal satu gol, Granada tak banyak bisa melakukan apapun kecuali mengakui keunggulan Barcelona dalam laga debut Setien.

Meski tak terlalu impresif, statistik pertandingan mencatat Barca menguasai 82 persen penguasaan bola dan membukukan 1.005 umpan selama 90 menit laga debut Setien. Usai laga, mantan pelatih Real Betis itu memuji peran dari Messi.

"Messi melakukan apa yang dilakukannya sepanjang hidupnya. Dia melakukan hal ini dalam banyak kesempatan. Ketika laga seperti buntu, Anda mungkin kurang inspirasi dan dia selalu memiliki hal spesial," kata Setien seperti dilansir AS.

Sumber: AFP

"Kami melakukan beberapa gerakan di babak pertama namun tidak menghasilkan apapun. Ketika bola jatuh ke Messi, Anda memiliki peluang besar bahwa akan mendapatkan gol," tambahnya.

Kemenangan ini sekaligus mengantarkan Barcelona kembali ke puncak klasemen La Liga dengan torehan 43 poin, sama dengan jumlah poin dari Real Madrid yang kini turun ke posisi kedua. Sementara Granada yang mengoleksi 27 poin masih tertahan di posisi 10.

Baca Juga: Madrid Naik ke Puncak, Atletico Tersungkur di Markas Eibar

Berikutnya, Barcelona akan bertandang ke Mestalla, markas Valencia pada Jumat (25/1). Sementara Granada akan bertandang ke tim peringkat empat klasemen sementara, Sevilla.

Susunan pemain:
Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Jordi Alba, Samuel Umtiti, Gerard Pique, Sergi Roberto; Arturo Vidal (Arthur Melo 83'), Sergio Busquets, Ivan Rakitic (Ricard Puig 71'); Ansu Fati (Carles Perez 80'), Antoine Griezmann, Lionel Messi

Granada (4-2-3-1): Rui Silva; Victor Diaz, Domingos Duarte, German Sanchez, Dimitri Foulquier; Yan Eteki (Jose Martinez 72'), Maxime Gonalons; Alvaro Vadillo (Antonio Puertas 66'), Ramon Azeez (Yangel Herrera 56'), Darwin Machis; Carlos Fernandez

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait