DKI Jakarta Raih Penghargaan Provinsi Paling Mempesona di Ajang FPL 2019 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Pemprov DKI Jakarta

DKI Jakarta Raih Penghargaan Provinsi Paling Mempesona di Ajang FPL 2019

Ceknricek.com -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan penghargaan untuk DKI Jakarta sebagai Provinsi Paling Memesona pada ajang Festival Pesona Lokal (FPL) 2019. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Angela Tanoesoedibjo, kepada Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya.

Dalam keterangannya, Selasa (19/11), Gumilar mengatakan, penghargaan ini memacu Disparbud DKI Jakarta untuk semakin meningkatkan, bukan hanya sektor pariwisata tapi juga seni dan kebudayaan di Jakarta, khususnya Betawi.

"Pemprov DKI konsistensi dan berkomitmen dalam pelestarian seni dan budaya. Perhatian dan pembinaan terhadap komunitas maupun pelaku seni budaya juga terus diberikan," ujarnya.

Menurut Gumilar, berbagai festival sepanjang tahun juga rutin diadakan untuk memberikan panggung kepada para pelaku seni budaya, sekaligus menjadi hiburan edukatif bagi warga di Jakarta. Apalagi tahun depan akan ada pemisahan Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata.

"Jadi pastinya ke depan akan lebih fokus dalam melakukan pembinaan dari unsur seni budaya dan fokus menggarap destinasi dan potensi pasar pariwisata," katanya.

Baca Juga: Lima Tahun ke Depan, Pariwisata Siap Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Disparbud akan terus mengedepankan kolaborasi dengan komunitas maupun lembaga seni dan kebudayaan di Jakarta. Hal ini selaras dengan konsep City 4.0, di mana pemerintah sebagai kolaborator dan masyarakat sebagai co-creator.

Gumilar menambahkan, Jakarta juga bisa dibanggakan karena memiliki berbagai destinasi wisata menarik, bukan hanya ikonik tapi juga merepresentasikan kebudayaan Betawi.

"Dari sisi seni budaya tentu kita punya komunitas dan lembaga, ada LKB hingga Bamus Betawi. Kita punya Taman Benyamin Sueb, Setu Babakan, ini sebetulnya sesuai dengan misi Pak Gubernur akan mengedepankan adanya kolaborasi," ungkapnya.

Wajah baru Jakarta khususnya di sisi transportasi menjadi nilai tambah yang menjadikan Jakarta sebagai Provinsi yang memesona.

"Terkait dengan perubahan yang telah dilakukan Pemprov DKI dari sisi transportasi ada MRT, LRT, Jak lingko. Melalui perubahan wajah baru Jakarta yang signifikan ini, mungkin menjadikan Jakarta semakin memesona," kata Gumilar.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait