Gunakan Bahan Daun Mint untuk Sembuhkan Flu | Cek&Ricek
Foto: medicalnewstoday.com

Gunakan Bahan Daun Mint untuk Sembuhkan Flu

Ceknricek.com -- Belakangan cuaca di Jakarta dan sekitarnya memang suka tidak menentu. Akibatnya, penyakit seperti flu atau pilek menyerang diri Anda dengan mudah, apalagi ketika badan tidak fit. Flu yang datang biasanya lama untuk disembuhkan. 

Bila sudah terlanjur terkena flu, Anda bisa memanfaatkan pengobatan alami untuk proses penyembuhan, salah satunya dengan menggunakan daun mint. Daun mint dikenal untuk menyegarkan mulut, daun ini memang menjadi andalan untuk mengobati berbagai penyakit karena kaya dengan kandungan antibakteri, anti-inflamasi, dan menthol. 

Berikut cara menggunakan daun mint sebagai bahan untuk mengobati flu yang bisa Anda coba. 

Minuman Teh

Teh hangat merupakan minuman yang paling diandalkan ketika badan terasa tidak enak. Campur teh dengan 3-5 batang daun mint dan air panas, kemudian diamkan selama 10-15 menit. Tambahkan madu atau gula untuk menambah rasa manis. Minum sehari 3 kali sampai flu mereda. Hindari menyimpan teh daun mint selama lebih dari 24 jam.

Teh Hangat dengan Jahe dan Madu

Selain itu, minuman teh bisa Anda racik dengan beberapa lembar daun mint yang sudah dihancurkan ke dalam air panas, lalu tambahkan beberapa potong jahe yang juga telah dihancurkan. Biarkan hingga mendidih, lalu beri madu secukupnya untuk menambah rasa.

Baca Juga: 3 Manfaat Masker Kunyit Untuk Permasalahan Kulit Wajah

Infused Water

Minuman satu ini selain baik untuk kesehatan tubuh juga bisa membantu meredakan flu. Cara membuat infused water cukup mudah. Ambil beberapa potong daun mint, masukkan ke dalam pitcher atau teko, dan tambahkan air dingin. Masukkan air tersebut ke dalam kulkas untuk membuatnya menjadi segar.

Gunakan Sebagai Steam Therapy

Uap udara yang hangat dan lembap bisa membuka saluran hidung dan tenggorokan yang tersumbat. Cara membuatnya cukup mudah, tuang air panas ke dalam baskom dan tambahkan daun mint segar atau kering sebanyak 5-8 batang. 

Setelah itu, tundukkan wajah di atas uap air panas tersebut dan tutupi kepala dengan handuk. Hirup uap dari cairan tersebut untuk menenangkan dan meringankan sakit flu hingga batuk.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Thomas Rizal


Berita Terkait