Guru Zuhdi, Ulama Kalimantan Selatan Meninggal di RS Medistra Jakarta | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Guru Zuhdi, Ulama Kalimantan Selatan Meninggal di RS Medistra Jakarta

Ceknricek.com -- Guru Zuhdi atau KH Ahmad Zuhdianoor, salah satu ulama asal Kalimantan Selatan meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra Jakarta, Sabtu (2/5) pukul 06.35 WIB akibat penyakit jantung.

Sebagaiman dikutip  Antara, keluaraga Guru Zuhdi yang diwakilkan KH Muhammad Rasyid Ridha, pimpinan Ponpes Mursyidul Amin Gambut meyampaikan musyawarah keluarga almarhum dan meminta masyarakat berdoa dari rumah saja.

“Kami mewakili seluruh keluarga besar beliau (Guru Zuhdi), mengimbau kepada seluruh masyarakat dan jamaah pencinta beliau, dengan kondisi dan keadaan seperti ini untuk berdoa bagi guru kita di rumah saja bersama-sama,” kata Rasyid, Sabtu.

Guru Zuhdiannor dilahirkan di Banjarmasin pada 10 Februari 1972 dari keluarga yang menekuni ilmu-ilmu agama. Dia merupakan putera dari H. Muhammad bin Jafri dan Hj. Zahidah binti K.H. Asli.

Ayahnya dikenal sebagai ulama yang cukup terkenal di Banjarmasin. Sedangkan kakek beliau dari pihak Ibu, K.H. Asli adalah tokoh ulama yang berdomisili di Alabio.

Baca juga: Erwin Prasetya, Pemain Bass Pertama Dewa 19, Meninggal Dunia

Pendidikan formal yang dijalani Ahmad Zuhdiannor hanya sampai tingkat SD. Setelah itu, beliau melanjutkan ke Pesantren Al Falah, selama sekitar dua bulan, namun karena sakit kemudian berhenti.

Dia kemudian melanjutkan belajar dari kakek beliau sendiri dari pihak ibu, K.H. Asli selama satu tahun. Bidang ilmu yang dipelajari di sana, yaitu Ilmu Tajwid, Fikih, Tashrif, Tauhid, Tasawuf.

Setelah satu tahun di Alabio, ia kemudian meneruskan mengaji dengan orang tuanya, belajar Tauhid, Fikih, Nahwu, Tasawuf.

Selama di Banjarmasin, beliau juga belajar dengan K. H. Abd. Syukur Teluk Tiram, di sana dia belajar tasawuf, fikih, ushul fikih, Arudh.

Dilanjutkan menambah lagi ilmu dengan K. H. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Guru Sekumpul), dengan beliau belajar beberapa ilmu, terutama akhlak kurang lebih selama tujuh tahun.

K. H. Ahmad Zuhdiannor pernah mengajar selama sekitar dua tahun di Pondok Pesantren Al Falah.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait