Foto: Antaranews.com

Hargai Jasa Pahlawan, Pemprov DKI Bebaskan PBB Bagi Veteran

Ceknricek.com -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membebaskan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi para pejuang perang (veteran) yang telah berkorban bagi tanah air Indonesia. Hal ini sebagai bentuk penghargaan Pemprov DKI atas pengorbanan para pejuang menjaga kedaulatan Indonesia.

“Pada mereka yang telah berjasa pada bangsa dan negara, Ibu kota tak hanya mengirimkan doa dan hening cipta, kami memberikan penghormatan secara khusus.⁣ Di DKI Jakarta, mulai 2019 ini, rumah tinggal yang dimiliki pribadi-pribadi yang telah berjasa itu dibebaskan dari PBB. Mereka tidak harus bayar pajak bumi dan bangunan,” tulis Anies Baswedan dalam instagram pribadinya, @aniesbaswedan, Minggu (10/11).

“Mulai dari Proklamator, Pahlawan Nasional, Penerima Bintang Tanda Jasa, veteran, hingga para pensiunan PNS, purnawirawan, dan pendidik dari PAUD hingga Perguruan Tinggi. Ibukota memberikan rasa hormat pada para pahlawan bangsa. Di tanah yang mereka perjuangkan, kami berharap mereka bisa hidup tenang tanpa khawatir terusir karena tak mampu bayar pajak rumahnya. Selamat Hari Pahlawan!⁣,” tulis Anies.

Sumber: Instagram @aniesbaswedan

Menurut Gubernur DKI ke-17 itu, kini tugas kita adalah memastikan kita bekerja menjalankan amanat di bidang kita masing-masing, dengan sebaik-baiknya. Pastikan apapun peran kita, bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat banyak.⁣

Baca Juga: Di Hari Pahlawan, Anies Baswedan Singgung Ketimpangan

Anies mencontohkan seperti tenaga medis yang bekerja mengobati dan menyelamatkan nyawa pasien, dia ialah pahlawan bagi si pasien. Guru yang mendidik dengan mencerahkan, ia pahlawan bagi muridnya.

Begitu pula dengan penjaga pintu air di sungai-sungai, ia pahlawan bagi kotanya. Para pengemudi bus dan kendaraan umum, mereka adalah pahlawan bagi penduduk di kota.

“Sekadar ilustrasi kecil bahwa sesungguhnya begitu banyaknya peran kita dan manfaat yg dirasakan semua. Jadi jelas, bahwa sebutan pahlawan bukanlah urusan kita. Urusan kita adalah berkarya dan bekerja untuk manfaat publik.,” tulis Anies.⁣

Sebelumnya, saat menjadi inspektur upacara Hari Pahlawan di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu pagi, Anies mengingatkan bahwa di era modern ini, pahlawan adalah mereka yang telah menjalankan tugasnya dengan baik dan benar, berkontribusi untuk negara dan masyarakat tanpa pamrih. Pahlawan bukan hanya datang dari kalangan tertentu, tapi dari setiap pribadi-pribadi warga, baik para petugas di lapangan, pembuka lapangan pekerjaan, petugas kesehatan memberikan pelayanan kesehatan itulah pahlawannya.

“Ada begitu banyak ruang berkarya yang ada, tadi saya sampaikan, di bagian kita bekerja, di bagian kita bertugas," kata Anies seperti dilansir Antara.

BACA JUGA: Cek OPINI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait