Kajian Rohani Erci Depok – Fiqih dan Praktek Mengurus Jenazah

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari Neraka dan dimasukkan ke dalam Surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdaya.” (QS. Āli `Īmrān [3]: 185.)

Assalamu’alaikum wr wb,

Sebagai event pembuka di awal tahun 2019, pengurus ERCI Depok menyelenggarakan acara rohani bertajuk “Kajian Fiqih dan Praktek Mengurus Jenazah”pada Sabtu, 5 Januari 2019. Pengurus ERCI Depok mengajak seluruh membernya untuk bermuhasabah (introspeksi) atas perbuatan-perbuatannya selama ini dan kembali mengingat kematian sebagai suatu nasihat.

 Acara yang bertempat di Masjid Jabal Nur, Sentul, Bogor, ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ust. Nurmasa dan saritilawah oleh Tante Vivi. Lalu, acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari Om Ustadz Dendy selaku Pembina ERCI Depok, Om Doel selaku Ketua ERCI Depok Chapter dan Ustadz Arif Riyadi Al-Hafizh selaku Imam Besar Masjid Jabal Nur.

Pada kesempatan pertamaini pula, ERCI Depok Chapter secara simbolik menyerahkan kenang-kenangan kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jabal Nur sekaligus penyerahan secara simbolik infaq pembangunan Masjid berupa 100 sak semen dan infaq tunai sebesar 1 juta rupiah. Dimana ERCI Depok Chapter diwakili oleh Pembina Om Dendy Apriandi dan Wakil Ketua ERCI Depok Chapter Om Reza Fadhliana.

Penyerahan simbolik kenang-kenangan & infaq untuk DKM Masjid Jabal Nur, Sentul.
Penyerahan simbolik kenang-kenangan & infaq untuk DKM Masjid Jabal Nur, Sentul.


Kemudian, Ustadz Madroi, S.Sos. I (Manajer Program Barzah Dompet Dhuafa) pun mengisi acara inti berupa kajian fiqih mengenai pengurusan jenazah disertai dengan prakteknya dibantu member ERCI DC, Om Rifky, sebagai model jenazahnya.

Ustadz Madroi sedang memberikan instruksi cara memandikan jenazah

Ustadz Madroi sedang memberikan instruksi cara memandikan jenazah


Alhamdulillah kajian berjalan dengan lancar, member ERCI Depok yang hadir pun tak kalah antusias dalam bertanya perihal proses-proses dan fiqih seputar mengurus jenazah. Ustadz Madroi pun membawakan kajian dengan santai dan berisi sesuai dengan syariat Islam yang membuat kajian berkesan tidak terlalu serius dan tegang. Kegiatan kajian diakhiri dengan pelaksanaan Sholat Dzuhur berjamaah dan makan siang bersama.

Dipenghujung acara, dilaksanakan pelantikan member baru ERCI DC oleh Sekjend ERCI Depok Chapter Om Rahmad Sarif yaitu Om Yusuf dan Om Ahmad Fauzi yang telah memenuhi beberapa persyaratan dasar untuk ditetapkan sebagai member aktif ERCI Depok.



Berita Terkait