Foto: Pemprov DKI Jakarta

Kinerja dan Penghargaan Kepemimpinan Anies Baswedan Selama Dua Tahun

Ceknricek.com -- Selama dua tahun kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan banyak program yang sudah berhasil dijalankan. Setidaknya ada 14 program unggulan yang telah dilaksanakan. Yakni, penataan trotoar. Integrasi transportasi. Pembangunan taman kota. Pengadaan rumah DP 0 Rupiah. Pembagian kartu kesejahteraan. Distribusi pangan murah. Perlindungan perempuan dan anak. Beragam Pagelaran bergengsi di Jakarta. Program makanan tambahan untuk anak sekolah. Perluasan penerima manfaat penggratisan pajak bumi dan bangunan. Pengaspalan jalan kampung. Aksesibilitas Pulau Seribu, hingga hibah untuk Guru PAUD. 

Berikut rangkungan beberapa program dan penghargaan yang diterima Pemprov DKI Jakarta.

Pangan Murah

Kinerja dan Penghargaan Kepemimpinan Anies Baswedan Selama Dua Tahun
Sumber: Pemprov DKI Jakarta

Program pangan murah Pemprov DKI Jakarta bermaksud untuk memastikan stabilitas harga pangan. Stabilitas ini setidaknya dapat dijangkau oleh seluruh warga Jakarta, khususnya warga yang tidak mampu.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan meluncurkan aplikasi info pangan murah Jakarta dan aplikasi sistem informasi pangan bersubsidi (SPIB), menyalurkan dana bantuan pangan non tunai, menggelar pasar murah, serta membangun gerai pangan bersubsidi bagi pekerja.

Pemprov DKI Jakarta juga menggelar Festival Pangan Jakarta 2019 hingga membuka JakGrosir, toko perkulakan pertama di Kepulauan Seribu, tepatnya berlokasi di Pulau Tidung Kecil.

Pagelaran Jakarta

Kinerja dan Penghargaan Kepemimpinan Anies Baswedan Selama Dua Tahun
Sumber: Pemprov DKI Jakarta

Baca Juga: Anies Baswedan: DKI Raih Penghargaan IPK Kemnaker Dua Tahun Berturut-turut

Beberapa program pagelaran dan kebudayaan berhasil dijalankan Pemprov DKI Jakarta, di antaranya Jakarta International Photo Festival, Jakarta International Folklore Festival 2019, dengan melibatkan 22 budaya nusantara dan 7 budaya internasional. Ada juga Musik Tepi Barat, Seni Mural dan terbaru gelaran Jakarta E-Prix, turnamen Formula E pertama kali di Indonesia, yang akan berlangsung di tahun 2020.

Penataan Trotoar

Selama dua tahun berjalan Pemprov DKI Jakarta sudah merevitalisasi trotoar sepanjang 134 kilomoter. Angka ini akan bertambah karena di tahun 2020, Pemprov sudah menargetkan penambahan revitalisasi trotoar sepanjang 47 kilometer. 

Kinerja dan Penghargaan Kepemimpinan Anies Baswedan Selama Dua Tahun
Sumber: Pemprov DKI Jakarta

Baca Juga: FKDlM Gelar Malam Renungan 2 Tahun Kepemimpinan Anies Baswedan

Penataan trotoar juga akan dilengkapi berbagai fasilitas, yakni bidang miring dan ubin pemandu, lift untuk ibu hamil, lansia dan penyandang disabilitas, fasilitas keamanan berupa CCTV dan satpol PP, hingga pelican crossing. Trotoar ini juga terintegrasi dengan bus Transjakarta, MRT serta LRT. Sementara itu koridor Sudirman--Thamrin sudah dilengkapi way finding. 

Penghargaan

Selama dua tahun terakhir Pemprov DKI Jakarta berhasil menerima beberapa penghargaan. Hal ini merupakan komitmen membentuk Wajah Baru Jakarta sesuai konsep City 4.0.

Yang paling berkesan ketika Jakarta bersama Kota Pune di India dan Kigali di Rwanda, mendapat penghargaan bergengsi internasional berkat sistem Bus Rapid Transit (BRT) yang cepat, nyaman, aman, serta tepat waktu.

Kinerja dan Penghargaan Kepemimpinan Anies Baswedan Selama Dua Tahun
Sumber: Pemprov DKI Jakarta

"Anugerah Transportasi Berkelanjutan menunjukkan kemauan politik bahwa (pemerintah) kota berkemampuan penuh untuk menempatkan solusi jitu guna memperbaiki lingkungan kota,” kata Aimee Ganthier dari Komite Sustainable Transport Award 2020 yang menganugerahi Honorable Mention kepada Jakarta saat itu.

Selain penghargaan tersebut ada beberapa penghargaan di antaranya Pemda dengan Sistem Pengendalian Gratifikasi Terbaik dari KPK RI, Provinsi dengan Indeks Demokrasi Terbaik dari BPS, Opini Wajar Tanpa Perkecualian 2 tahun berturut-turut dari BPK, peningkatan kualitas layanan anak usia dini dari NGO International Save the Children Indonesia.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Informasi Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 



Berita Terkait